5 Makanan yang Dikonsumsi Setiap Hari oleh Pakar Umur Panjang Dr. Mark Hyman untuk Tetap Muda

Dokter dan ahli panjang umur, Dr. Mark Hyman, bersumpah dengan lima makanan ini untuk menua dengan baik, hidup lebih lama, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

“Saya mengikuti regimen yang cukup agresif,” katanya sebelumnya kepada Fortune.

Pria berusia 63 tahun dengan lebih dari 315.000 pengikut di TikTok mengatakan bahwa ia biologisnya 20 tahun lebih muda berkat rutinitas harian dan kebiasaan makanannya. Buku terlarisnya yang terbaru, Young Forever: Rahasia Hidup Sehat dan Panjang Anda, mempromosikan gagasan bahwa orang memiliki kendali atas laju penuaan mereka dan, oleh karena itu, kualitas tahun-tahun terakhir mereka.

Olahraga, nutrisi, mengelola stres, dan sosialisasi semuanya terkait dengan menua dengan baik dan mengurangi risiko kondisi kronis yang menyebabkan kematian dini – meskipun genetika tetap memainkan peran.

Inilah lima makanan yang Hyman konsumsi setiap hari untuk “menjaga kesehatan saya dan memastikan saya hidup lama dan sehat,” katanya di TikTok.

Singkatnya, makanan-makanan ini “adalah obat,” kata ahli penuaan tersebut.

Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous – brokoli, kubis brussel, kale, dan kubis – kaya akan fitonutrien yang penting untuk mengurangi peradangan dan risiko kanker. Mereka juga mengandung magnesium, folat, dan serat yang membantu pencernaan.

“Semua bahan itu mengandung senyawa yang mengaktifkan jalur detoksifikasi seluler yang mengoptimalkan status mineral Anda,” kata Hyman dalam TikTok.

Hyman mengonsumsi satu atau dua cangkir sayuran ini setiap hari.

Minyak zaitun

Pilar dari diet Mediterania adalah memasak dengan minyak zaitun, dan Hyman mengatakan bahwa ia mengutamakan minyak zaitun extra virgin setiap hari. Lemak sehat ini mengandung antioksidan yang diklaim dapat mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis dan penyakit jantung.

Minyak zaitun juga dapat melawan stres oksidatif, yang merusak kesehatan otak dan dapat memicu penyakit neurodegeneratif.

MEMBACA  JAKKS Pacific melaporkan hasil yang bervariasi untuk Q4, FY 2023 oleh Investing.comTranslated to Indonesian: JAKKS Pacific melaporkan hasil campuran untuk Kuartal 4, Tahun Fiskal 2023 oleh Investing.com

“Lemak baik itu baik untuk Anda,” kata Hyman. “Anda perlu memastikan Anda mendapatkan banyak lemak baik, dan minyak zaitun adalah cara yang bagus untuk melakukannya.”

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, termasuk kacang mete, almond, dan kenari, telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, meningkatkan kesehatan dan masa hidup, kata Hyman. Mereka kaya serat, membuat orang merasa kenyang dan tetap energik lebih lama.

Dan Buettner, pendiri Blue Zones LLC, juga menemukan kacang-kacangan sebagai kunci untuk umur panjang dalam penelitiannya yang berpusat pada pola makan mereka yang hidup paling lama – dan mengatakan untuk mengonsumsinya satu genggaman sehari.

Buah-buahan berry

Buah-buahan berry mengandung banyak antioksidan dan fitokimia, yang dapat “mengaktifkan jalur kehidupan yang panjang,” kata Hyman. Mereka juga dapat menjaga kesehatan usus, melawan peradangan, dan, oleh karena itu, mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi kronis berbahaya lainnya.

Cobalah segenggam blueberry atau blackberry dalam smoothie pagi atau sebagai camilan yang menyegarkan.

Teh hijau

Meskipun teh bukan makanan secara teknis, itu tetap menjadi bagian penting dari hari Hyman. Selain efek menenangkan dari secangkir teh hangat, minuman ini dapat mengurangi stres oksidatif. Teh hijau mengandung katekin, antioksidan yang dapat melindungi otak dari penyakit dan membantu orang menua dengan baik.

Ketika Hyman berada di Icaria, Yunani, salah satu Blue Zones di dunia, ia melihat masyarakat sering menikmati teh sage liar, tambahnya.

Hyman juga bersumpah dengan “shake penuaan sehat” yang terdiri dari 8 bahan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara hidup lebih lama: