Wakil Presiden Minta Atmosfer Aman dan Mendukung Selama Masa Pembatasan Kampanye Pemilu

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong masyarakat dan seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menciptakan suasana yang aman dan kondusif di tengah masa tenang pemilihan dari 11 hingga 13 Februari 2024.

“Wakil presiden berharap agar penyelenggara pemilihan di tingkat pusat dan daerah, termasuk petugas di tempat pemungutan suara di lapangan, dapat bekerja secara profesional dan penuh kepercayaan,” kata juru bicara wakil presiden, Masduki Baidlowi, dalam sebuah pernyataan dari Sekretariat Wakil Presiden di sini, Minggu.

Menurut Baidlowi, Amin juga mendorong masyarakat untuk mengunjungi tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak pilih mereka.

Selain itu, wakil presiden juga menyoroti perlunya sikap tegas menjelang hari pemilihan pada 14 Februari 2024.

Juru bicara menyampaikan bahwa karena Indonesia sudah memasuki tahap akhir Pemilihan Umum 2024, Amin berharap agar pemilihan berjalan tidak hanya dengan aman dan damai, tetapi juga secara demokratis, jujur, dan adil.

“Wakil presiden menekankan bahwa jika pemilihan dilakukan dengan martabat, kepercayaan masyarakat terhadap penjabat negara akan lebih tinggi, dan itu baik untuk masa depan demokrasi Indonesia,” kata Baidlowi.

Amin juga meminta masyarakat untuk menghindari penyebaran berita palsu atau provokatif, serta menghormati pilihan politik satu sama lain.

Wakil presiden juga berharap agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari mereka seperti biasa dalam masa tenang pemilihan sambil mempersiapkan diri untuk hari pemilihan.

Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum dengan sekitar 204,8 juta pemilih yang diharapkan ikut berpartisipasi. Periode kampanye untuk pemilihan dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024.

Selama pemilihan, masyarakat Indonesia akan memilih presiden dan wakil presiden serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten.

MEMBACA  Masyarakat Sukabumi Diharapkan Tetap Waspada Terhadap Potensi Gempa Susulan

Berita terkait: Wakil Presiden Amin meminta ulama untuk menjaga persatuan nasional di tengah pemilihan

Berita terkait: Polri mendesak persatuan menjelang hari pemilihan pada 14 Februari

Penerjemah: Andi Firdaus, Raka Adji
Editor: Tia Mutiasari
Hak cipta © ANTARA 2024