Sangat Pantas untuk Dimiliki, Memiliki Catatan Positif

Selasa, 2 April 2024 – 23:18 WIB

Jakarta – Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto mendapatkan dukungan untuk kembali memimpin partai berlambang pohon beringin tersebut dalam Musyawarah Nasional (Munas) 2024. Salah satu dukungan tersebut datang dari organisasi pendiri Golkar, Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong atau Kasgoro 1957.

Pengamat politik sekaligus Direktur Center for Indonesian Reform (CIR) Hidayaturrahman menganalisis bahwa sosok Airlangga dianggap mampu mengkonsolidasikan kekuatan dan sumber daya partai untuk memenangkan Pemilu 2024. Menurutnya, pencapaian Golkar dalam Pemilu 2024 menjadi alasan utama bagi banyak pengurus, ormas sayap, dan tokoh partai yang ingin melihat Airlangga kembali memimpin.

“Sebagai ketua umum partai besar, Airlangga juga mampu menggerakkan mesin pemenangan Golkar dalam Pemilu 2024. Oleh karena itu, sangatlah pantas jika beberapa organisasi pendiri menyuarakan agar Airlangga dipercayakan kembali sebagai Ketua Golkar,” ujar Hidayaturrahman pada hari Selasa, 2 April 2024.

Capres Prabowo Subianto turut hadir dalam perayaan HUT Partai Golkar ke-59. Menurut Hidayaturrahman, keberadaan Airlangga sangat dibutuhkan di tengah persaingan parpol yang semakin ketat saat ini. Dia menilai Airlangga cerdas dalam memanfaatkan potensi dan kekuatan internal partai. Selain itu, eks Menteri Perindustrian tersebut juga dianggap pandai dalam melihat kelemahan lawan sehingga mampu keluar sebagai pemenang dalam pemilu.

Menurut Hidayaturrahman, raihan suara Golkar yang mencapai 23 juta atau 15,28 persen dalam Pileg 2024 merupakan prestasi luar biasa. Dia menambahkan bahwa tugas Airlangga selanjutnya jika kembali memimpin Golkar adalah dapat mentransfer kesuksesan di tingkat nasional ke level kepengurusan di kabupaten/kota.

Sebelumnya, sejumlah ormas sayap Golkar seperti Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kasgoro 1957, dan beberapa DPD Golkar di daerah telah menyatakan dukungan kepada Airlangga untuk memimpin kembali partai. Dinamika tersebut dipandang dapat meningkatkan peluang Airlangga untuk kembali memimpin Golkar. Sebelumnya, PPK Kasgoro 1957 juga telah mendeklarasikan dukungan kepada Airlangga untuk kembali memimpin Golkar dalam Munas 2024.

MEMBACA  Beralih ke kendaraan listrik akan fantastis untuk kesehatan anak-anak

Halaman Selanjutnya