Ribuan Warga Negara Indonesia di Belanda Telah Memilih, Hasilnya Menunggu Penghitungan Resmi pada 14 Februari.

Senin, 12 Februari 2024 – 00:24 WIB

Para warga negara Indonesia atau WNI yang tinggal di Belanda telah menunjukkan semangat demokrasi mereka dengan menggunakan hak pilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024. Mereka berkumpul bersama-sama di De Broodfabriek, Volmerlaan 12, 2288 GD Rijswijk, pada hari Minggu (11/2/2024) setelah selesai memberikan suara. Foto-foto dokumentasi oleh Florentena Luckie untuk JPNN.com memperlihatkan momen ini.

jpnn.com, JAKARTA – Warga negara Indonesia atau WNI yang berada di Belanda telah melakukan pemungutan suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024.

Pemungutan suara ini dilaksanakan pada hari Minggu (11/2/2024) di tujuh tempat pemungutan suara (TPS) di dekat Den Haag.

“Lokasinya di De Broodfabriek, Volmerlaan 12, 2288 GD Rijswijk. Ada tujuh TPS,” kata Florentena Lukie, seorang saksi dari Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Belanda saat dihubungi JPNN.com pada Senin (12/2/2024) dini hari.

Lukie menambahkan bahwa partisipasi WNI dalam pemungutan suara kali ini hanya mencapai 30 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024.

Jumlah WNI yang menggunakan hak pilih kali ini sekitar 4.000 orang. “Angkanya turun sepuluh persen dari Pemilu 2019,” ujar Lukie.

Sebagai saksi untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo – Mahfud Md dalam Pilpres 2024, Lukie mengungkapkan banyak WNI di Belanda yang merasa kecewa dengan sistem yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam Pemilu 2024. Salah satu masalahnya adalah banyak warga yang terdaftar dalam DPT Pemilu 2019 namun tidak tercatat dalam sistem kali ini.

“Banyak yang merasa terhambat di meja registrasi karena adanya aturan baru yang mengharuskan WNI di Belanda untuk mendaftar dalam pemilu kali ini,” tambahnya.

MEMBACA  Rivian bertujuan untuk mengurangi jejak karbon pada mobil listrik generasi berikutnya

Lukie menyebutkan bahwa aturan seperti ini sebelumnya tidak pernah ada. “Semua yang mendapatkan undangan otomatis bisa memberikan suara,” katanya.

Para warga negara Indonesia atau WNI yang berada di Belanda telah menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News