Biden Memanggil Perusahaan Makanan Ringan untuk Menghentikan ‘Shrinkflation’ Menurut Reuters

© Reuters. Seseorang berbelanja di supermarket ketika inflasi mempengaruhi harga konsumen di Manhattan, New York City, AS, 10 Juni 2022. REUTERS/Andrew Kelly/Foto Berkas

WASHINGTON (Reuters) – Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada hari Minggu mendesak perusahaan makanan ringan untuk menghentikan shrinkflation, yang terjadi ketika bisnis memotong ukuran produk tetapi tetap mempertahankan harga yang sama, dengan menggambarkan praktik tersebut sebagai “pencurian.”

“Beberapa perusahaan mencoba melakukan trik dengan memperkecil produk mereka sedikit demi sedikit dan berharap Anda tidak menyadarinya,” kata Biden dalam video yang diposting di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, menjelang Super Bowl LVIII.

“Berhentilah. Masyarakat Amerika lelah menjadi korban. Saya mendesak perusahaan-perusahaan untuk menghentikan hal ini. Mari pastikan bisnis melakukan hal yang benar sekarang,” katanya.

Biden, yang tidak menawarkan solusi atau kebijakan untuk mengatasi praktik ini, tidak menyebutkan nama perusahaan tertentu tetapi beberapa merek ditampilkan dalam video tersebut, termasuk Gatorade, Doritos, Breyers, dan Tostitos.

Senator Bob Casey, yang menjabat sebagai Ketua Subcommittee on Children & Families di Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja, dan Pensiunan (HELP) Senat, pada bulan Desember merilis laporan yang menunjukkan dampak ukuran produk yang lebih kecil pada segala hal mulai dari tisu toilet hingga Oreos.

Laporan tersebut mencatat bahwa produk kertas rumah tangga menjadi 34,9% lebih mahal per unit dibandingkan dengan Januari 2019, dengan sekitar 10,3% dari kenaikan tersebut disebabkan oleh produsen memperkecil ukuran gulungan dan kemasan.

Laporan tersebut juga menyebutkan harga makanan ringan seperti Oreos dan Doritos naik 26,4% dalam periode yang sama, dengan ukuran yang lebih kecil menyumbang 9,8% dari kenaikan tersebut.

Meskipun inflasi cenderung melambat, ekonomi tetap menjadi perhatian utama warga Amerika, yang disebutkan oleh 22% dari responden jajak pendapat, karena mereka telah berjuang dengan inflasi dan guncangan lain dari pandemi COVID-19, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dirilis bulan lalu.

MEMBACA  Cepatkan pengisian iPhone Anda dengan charger yang cepat ini -- $40 untuk Hari Presiden

Sejak menjabat, Biden telah berupaya untuk menurunkan harga di supermarket, mendorong produsen obat untuk menurunkan biaya insulin, meminta jaringan hotel untuk mengurangi biaya, dan mencoba untuk mendiversifikasi industri pengolahan daging setelah harga daging sapi melonjak setelah pandemi.

Kantor Casey mengatakan bahwa ia telah mengirim surat kepada asosiasi perdagangan yang mewakili produk konsumen rumah tangga, perusahaan makanan dan minuman untuk mendapatkan jawaban tentang strategi penetapan harga, praktik ukuran kemasan, dan bagaimana shrinkflation memengaruhi pelanggan. Belum jelas apakah mereka telah merespons.