Profil CRRC Sifang, Pemasok Trainset China untuk KAI Commuter

loading…

KAI Commuter menandatangi kontrak pengadaan trainset dengan CRRC Sifang dari China. FOTO/Dok. CRRCGC

JAKARTA – CRRC Sifang Co., LTD adalah perusahaan China yang baru menandatangani kerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter untuk pengadaan rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL). Dilansir dari laman resmi Commuter Line, KAI Commuter bersama CRRC Sifang melakukan penandatanganan Kontrak Kerjasama Pengadaan Sarana KRL Baru pada 31 Januari 2024 di Beijing, China.

Dalam Kontrak Pengadaan Sarana KRL Baru ini, KAI Commuter membeli 3 rangkaian KRL baru dengan tipe KCI-SFC 120-V. Pengadaan sarana KRL ini dilakukan untuk penambahan kapasitas angkut pengguna dan penggantian sarana KRL yang akan diretrofit oleh PT INKA.

Profil CRRC Sifang

CRRC Sifang awalnya merupakan sebuah pabrik yang diinvestasikan dan dibangun oleh Jerman pada tahun 1900, dan mulai digunakan pada tahun 1903. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini sempat diambil alih oleh Jepang pada tahun 1914. Dari situ sempat beberapa kali terjadi perpindahan kekuasaan antara pemerintahan Jepang dengan pemerintahan nasional Nanjing.

Hingga pada tahun 1949, Komisi Pengendalian Militer Qingdao dan Kementerian Perkeretaapian mengambil alih perusahaan tersebut setelah Qingdao dibebaskan. Hal itu membuat perusahaan tersebut berada di bawah Biro Kereta Api Jinan pada tanggal 24 Oktober 1949.

Nama CRRC Sifang sendiri mulai diberlakukan pada tanggal 1 Agustus 2002. Kemudian setelah terjadi rekonstruksi pada tahun 2007, perusahaan ini menetapkan namanya sebagai CRRC Sifang Co.,Ltd.

CRRC Sifang adalah anak perusahaan dari China South Locomotive and Rolling Stock Industry (Group) Corporation (disingkat CRRC), perusahaan teknis baru dan terakreditasi nasional.

Perusahaan ini memiliki lima struktur industri yang meliputi pembuatan gerbong penumpang kereta api bermutu tinggi, perbaikan gerbong penumpang kereta api bermutu tinggi, pembuatan suku cadang untuk lokomotif dan sarana perkeretaapian serta peralatan akibat energi, pengecoran dan penempaan serta logistik.

MEMBACA  Inisiatif Energi Terbarukan untuk Pembangunan

Pada tahun 2010, CRRC Sifang masuk dalam peringkat 100 perusahaan teratas di Qingdao. Perusahaan ini telah memenuhi syarat dengan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001, sertifikasi sistem manajemen lingkungan ISO 14001, sertifikasi sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja OHSMS 18001, sertifikasi IRIS, dan sertifikasi mutu pengelasan EN 15085.

Itulah profil singkat mengenai CRRC Sifang, dari profil diatas dapat diketahui jika perusahaan asal China ini memang merupakan salah satu perusahaan kereta mumpuni dengan berbagai sertifikasi yang dimilikinya.

(fjo)