goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

Website ini Melacak Kejahatan Kebencian di India. Kemudian Pemerintah Menonaktifkannya.

Hindutva Watch, dengan lebih dari 79.000 pengikutnya di X, dan dokumentasi hampir setiap hari tentang kerusuhan, kekerasan, dan ucapan politisi BJP yang mengeluarkan retorika anti-Muslim, sedikit memberikan dukungan untuk citra partai tersebut. Kejadian-kejadian yang didokumentasikan oleh Hindutva Watch juga bertentangan dengan citra sekutu Amerika Serikat yang berkomitmen terhadap “kebebasan, demokrasi, hak asasi manusia, inklusi, pluralisme, dan kesempatan yang sama bagi semua warga negara,” seperti yang dinyatakan dalam pernyataan bersama yang dirilis selama kunjungan Modi ke AS pada Juni 2023.

Dan Chima mengatakan bahwa saat ini, sebelum musim kampanye resmi dimulai di India, merupakan momen kritis untuk mengendalikan ekosistem informasi. Begitu pemilihan dimulai dengan serius, akan lebih sulit bagi pejabat pemerintah yang bekerja untuk cabang eksekutif untuk mengeluarkan perintah pemblokiran tanpa melanggar kode pemilu negara tersebut.

“Kami khawatir dengan sinyal yang mereka coba kirimkan ke platform teknologi, bahwa ini adalah orang-orang yang pemerintah tidak ingin mereka ada di web,” katanya. “Dari sekarang hingga akhir Februari, ini adalah saat-saat dimana pemerintah akan mengirimkan sebanyak mungkin pesan menggunakan jenis alat ini.”

Mishi Choudhary, seorang pengacara dan penasihat umum di Virtu dan mantan direktur hukum di Software Freedom Law Center, mengatakan bahwa hukum seputar perintah pemblokiran ini sangat jahat karena pemerintah tidak diwajibkan untuk menjelaskan apa yang berbahaya atau melanggar dari sebuah situs web, akun, atau konten, sehingga sulit bagi platform, ISP, atau pengguna untuk melawan.

“Mereka dibiarkan dalam kegelapan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi,” katanya. Dan meskipun seharusnya dikeluarkan melalui pengadilan, situs web atau pengguna yang diblokir “tidak pernah diberikan pendengaran.”

MEMBACA  Pelanggan Verizon Bisa Mendapatkan Hingga $100 dalam Pembayaran Penyelesaian. Bagaimana Cara Mengklaim Uangnya

“Perintah tersebut sepenuhnya dikeluarkan oleh pejabat cabang eksekutif. Tidak ada pemeriksaan independen,” kata Chima. “Ini adalah pegawai negeri sipil yang memutuskan apakah perintah harus dilaksanakan dan pegawai negeri sipil yang kemudian meninjau perintah mereka sendiri. Anda bahkan tidak bisa mendapatkan salinan data tentang perintah itu sendiri, tentang perintah pemblokiran karena pemerintah mengklaim bahwa itu bersifat rahasia.”

Dan bagi platform, menolak perintah penghapusan ini bisa sangat sulit, jika tidak mungkin, terutama di negara yang begitu banyak penduduknya – India adalah pasar terbesar ketiga X, dengan sekitar 30 juta pengguna. Pada tahun 2021, ketika ribuan petani memprotes undang-undang pertanian baru, MeitY mengeluarkan ratusan perintah pemblokiran kepada X, kemudian Twitter. Platform tersebut menantang beberapa perintah tersebut di pengadilan, dengan argumen bahwa banyak perintah pemblokiran tidak memenuhi standar pemerintah sendiri untuk penghapusan. Namun pada Juli 2023, kasus tersebut ditolak, dan denda sebesar $61.000 dikenakan pada perusahaan tersebut karena tidak melaksanakan penghapusan dengan cukup cepat.

India juga memiliki apa yang banyak ahli sebut sebagai “undang-undang penyanderaan,” yang mengharuskan platform untuk menunjuk seorang perwakilan hukum di dalam negeri yang dapat dituntut tanggung jawab, atau bahkan ditangkap, jika platform tidak mematuhi perintah pemerintah. Setelah Elon Musk mengambil alih X pada Oktober 2022, dia memberhentikan sebagian besar staf kebijakan dan keamanan yang biasanya berinteraksi dengan kelompok masyarakat sipil seperti Hindutva Watch atau Access Now untuk memberi tahu mereka tentang perintah pemblokiran, sehingga semakin sulit untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi.