Prabowo Ingin Meningkatkan Kerja Sama Pertahanan dan Ekonomi dengan PM Jepang Fumio Kishida

Rabu, 3 April 2024 – 10:53 WIB

Tokyo – Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto pada hari Rabu, 3 April, menyampaikan kepada Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bahwa ia berharap untuk meningkatkan kerja sama di bidang keamanan dan ekonomi dengan Jepang. Hal tersebut disampaikan Prabowo hanya dua hari setelah ia menyatakan kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping bahwa ia berkeinginan untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan Tiongkok.

“Kami telah membangun hubungan kerja sama dan ke depan saya ingin memperkuatnya,” kata Prabowo kepada Kishida dalam pertemuan di Tokyo, seperti yang dilansir dari laman Channel News Asia pada Rabu, 3 April 2024.

Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida

Prabowo, yang sebelumnya menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen pada kebijakan non-blok, melakukan kunjungan ke Jepang setelah sebelumnya melakukan perjalanan ke Tiongkok pada hari Senin sebagai bagian dari perjalanan luar negeri pertamanya sejak memenangkan pemilihan presiden Indonesia pada bulan Februari.

Baik Tokyo maupun Beijing berusaha mendekati negara-negara di Asia Tenggara yang berada di wilayah sengketa Laut Cina Selatan, yang sebagian besar wilayahnya diklaim oleh Tiongkok, untuk mendapatkan pengaruh di kawasan strategis tersebut.

Prabowo Terima Ucapan Selamat dari PM Jepang Fumio Kishida

Terpilihnya Prabowo telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan kelompok hak asasi manusia yang menyoroti dugaan pelanggaran yang dilakukan selama masa dinas militer. Prabowo, yang sebelumnya dituduh oleh dewan militer atas kasus penculikan aktivis mahasiswa pada tahun 1998, membantah tuduhan tersebut.

Selama kunjungannya ke Jepang, Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara di Tokyo.

MEMBACA  Terbuka, Nikita Mirzani Mengakui Menjadi Korban Kekerasan Ajudan Prabowo