Google Podcasts telah Hilang. Begini Cara Transfer Langganan Anda.

Steve McLendon, seorang manajer produk di Google, mengakui bahwa dia sedih melihat Google Podcasts menuju kuburan perangkat lunak. Dia menyarankan bahwa kesederhanaan aplikasi, salah satu kekuatan inti, adalah yang menyebabkan kejatuhan aplikasi tersebut: “Pengalaman podcast dapat ditingkatkan bagi pengguna dengan cara yang menurut saya Google Podcasts tidak akan pernah bisa memberikan.”

Setelah meluncurkan aplikasi pada tahun 2018, perusahaan secara bertahap menghentikan Google Podcasts pada 2 April. YouTube Music akan menjadi rumah baru Google untuk mendengarkan podcast. Meskipun beberapa pengguna merindukan pengalaman yang sederhana dari penangkap feed RSS untuk podcast, McLendon melihat masa depan di mana penemuan algoritma dan klip video podcast menjadi lebih sentral dalam pengalaman pengguna.

“Google mungkin terkenal karena memiliki banyak produk yang sejenis,” katanya. “Jadi, mana yang sebenarnya yang kita investasikan?” Meskipun McLendon ingin menciptakan pengalaman pengguna di mana pendengar podcast saja merasa diterima, dia juga antusias dengan kemungkinan multimedia. Misalnya, jika seseorang menonton sejumlah klip dari pertandingan NBA di YouTube, maka akun YouTube Music mereka bisa menyarankan beberapa podcast bola basket.

Tim McLendon meluncurkan alat untuk membantu pengguna Google Podcasts mentransfer langganan acara mereka ke YouTube Music. Fitur ini masih hanya untuk pengguna di Amerika Serikat, tetapi McLendon mengatakan perusahaan pada akhirnya berencana untuk meluncurkannya secara internasional. Perlu diketahui bahwa pengguna harus menyelesaikan migrasi ini sebelum Google membuat data tidak tersedia pada bulan Juli.

Mulailah dengan membuka aplikasi di perangkat Android atau iOS Anda dan beralih ke tab Home. Setelah mengumumkan bahwa akan menutup aplikasi Podcastsnya, Google mulai menampilkan pemberitahuan di bagian atas layar Home aplikasi yang menawarkan tautan cepat untuk mengekspor langganan Anda. Cari pemberitahuan ini di bagian atas dan pilih Ekspor langganan. (Di browser, opsi yang sama seharusnya muncul di bawah tab Jelajahi acara.) Jika Anda ingin beralih semuanya ke YouTube Music, pilih tombol Ekspor. Mengetuknya di ponsel Anda akan secara otomatis membuka aplikasi YouTube Music dan mengonfirmasi akun mana yang ingin Anda gunakan untuk menyelesaikan perubahan. Setelah Anda klik tombol Transfer sebagai…, YouTube Music akan memeriksa kembali apakah Anda ingin menambahkan feed RSS untuk semua podcast Anda ke perpustakaan Anda. Lalu proses dimulai.

MEMBACA  Cara termudah untuk mengotomatisasi tirai jendela dapat menjadi milik Anda dengan harga $49

Alat tersebut berhasil mentransfer semua 12 langganan podcast saya dalam waktu kurang dari satu menit. (Jika Anda seorang penggemar podcast dengan ratusan langganan, mungkin akan memakan waktu lebih lama.) Setelah itu, Anda dapat mendengarkan acara favorit Anda di YouTube Music dengan mengetuk Podcasts di bagian atas tab Home atau Library. Jika Anda tidak segera melihat opsi Podcasts, Anda mungkin perlu menggulir melalui tombol abu-abu di sebelah kiri. Jika Anda pernah menggunakan YouTube Music, Anda akan tahu bahwa langganan premium diperlukan jika Anda ingin mendengarkan musik saat layar ponsel Anda terkunci. Untungnya, hal ini tidak berlaku untuk podcast; Anda dapat streaming atau memutar acara yang diunduh saat layar terkunci, bahkan jika Anda tidak memiliki langganan.

Opsi Pendengaran Podcast Alternatif

Frustrasi dengan perubahan ini dan mencari aplikasi podcast minimalist lainnya? Bagi pemilik iPhone, aplikasi Overcast adalah pilihan yang kuat yang mencerminkan sifat yang disederhanakan dari Google Podcasts. Pocket Casts adalah aplikasi lain yang dirancang dengan baik yang mungkin sesuai dengan preferensi Anda, dan tersedia di perangkat Android dan Apple.

Untungnya, jika Anda memutuskan menolak YouTube Music dan ingin meninggalkan seluruh ekosistem podcast Google, Anda masih bisa membawa langganan acara Anda bersama. Ikuti langkah yang sama seperti yang tercantum di bagian di atas; ketika Anda tiba di opsi ekspor YouTube Music, temukan opsi sekunder yang diberi label Ekspor untuk aplikasi lain dan tekan Unduh. Proses ini akan menyimpan file OPML ke perangkat Anda.

Di aplikasi Overcast, Anda dapat mengunggah daftar langganan ini dengan pergi ke Pengaturan dan menggulir ke bawah ke Impor OPML. Proses migrasi dari Google Podcasts ke Pocket Casts sedikit lebih rumit namun masih dapat dilakukan. Buka aplikasi Files di smartphone Anda dan temukan file data OPML yang diunduh. Pilih untuk membagikan file, lalu kirimkan ke Pocket Casts. Ini harus mentransfer langganan acara Anda ke aplikasi baru.

MEMBACA  John Cena telah menemukan pasarannya setelah WWE sebagai raja komedi kotor

Pembaharuan, 2 April 2024, 8 pagi EDT: Cerita ini diperbarui untuk mencerminkan bahwa Google Podcasts sekarang resmi tiada.