Pj Gubernur Jateng Memimpin Penanaman 3.400 Bibit Pohon di Gunung Merbabu.
Translation: Penjabat Gubernur Jawa Tengah Memimpin Penanaman 3.400 Bibit Pohon di Gunung Merbabu.

Minggu, 31 Desember 2023 – 02:30 WIB

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana memimpin penanaman bibit pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/12). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, KABUPATEN SEMARANG – Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana memimpin penanaman bibit pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/12).

Nana bersama ratusan elemen masyarakat melakukan penanaman sebanyak 3.400 bibit pohon itu guna merehabilitasi hutan di Gunung Merbabu pascakabakaran pada Oktober 2023 lalu.

Nana menjelaskan, kegiatan tersebut juga bagian dari acara penanaman serempak yang dilakukan di seluruh Indonesia.

\”Oleh karena itu, dalam rangka untuk mengembalikan atau mereboisasi, hari ini kita lakukan penanaman bersama,\” kata Nana.

Menurutnya, reboisasi penting dilakukan, mengingat hutan memiliki fungsi pengendalian tata air, pelestarian keanekaragaman hayati, dan untuk meningkatkan produktivitas lahan.

Sebab, fenomena elnino beberapa waktu lalu mengakibatkan kekeringan, bahkan di sejumlah kawasan mengalami kebakaran lahan. 

Dia menjelaskan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) terus berupaya mengurangi laju degradasi lahan dan deforestasi hutan yang menjadi penyebab terjadinya lahan kritis.

Ada beberapa strategi yang diterapkan dalam mengurangi lahan kritis, meliputi penanaman pohon untuk merehabilitasi hutan secara vegetatif, dan penguatan kelembagaan pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) melalui pembentukan forum pengelolaan DAS dan penyuluhan kehutanan.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana memimpin penanaman bibit pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

MEMBACA  20 Contoh Soal Tes Kemampuan Dasar Deret Angka BUMN Beserta Jawabannya