Pilpres 2024 Kemungkinan Besar Akan Dilakukan dalam Satu Putaran

Minggu, 31 Desember 2023 – 08:28 WIB

Jakarta – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran wilayah Jawa Barat, Ridwan Kamil, meyakini debat ketiga calon presiden Pemilu 2024, yang mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik, akan meningkatkan popularitas pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga :

Petinggi PPP Ragukan Kelompok Mengatasnamakan ‘Pejuang PPP’ Semuanya Kader

“Insyaallah, kami yakin akan meningkatkan persentase popularitas pasangan 02,” kata Ridwan Kamil saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2023.

Mantan gubernur Jawa Barat itu menilai tema debat ketiga, yang akan digelar pada 7 Januari 2024, akan menguntungkan bagi calon presiden Prabowo Subianto karena pengalaman dan latar belakangnya dari militer.

Baca Juga :

Cak Imin: Di Otak Penyelenggara Negara Solar Hanya Dibutuhkan untuk Nelayan

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, jabatan menteri pertahanan yang saat ini dipegang oleh Prabowo juga akan semakin memperkuatnya dan mempengaruhi jalannya debat. “Debat pertahanan dan keamanan tentunya menjadi kekuatan Pak Prabowo,” ujarnya.

Baca Juga :

PSI Minta Maaf dan Tanggung Pengobatan Pengendara yang Tertimpa Baliho Calegnya

Namun demikian, dia menambahkan bahwa hasil debat tidak langsung membuat para pemilih bimbang, yang jumlahnya mencapai 6 hingga 7 persen, untuk segera memutuskan pilihannya.

Tugas para calon dan KPU, sebagai penyelenggara pemilu, kata dia, adalah memastikan jumlah golongan putih (golput) seminimal mungkin agar peluang Pemilu 2024 berlangsung dalam satu putaran.
​​​​​​​
“Pemilih bimbang selalu ada sampai detik terakhir, ini adalah hal yang wajar. Mereka adalah kelompok yang memutuskan saat di tempat pemungutan suara. Tugas calon dan KPU adalah memastikan jumlah golput seminimal mungkin, sehingga satu putaran sangat mungkin,” ujar Ridwan Kamil.

MEMBACA  Melalui Pertunjukan Wayang, Hasto PDIP Ingatkan Konsekuensi Politik

Ilustrasi pemungutan suara saat pemilu.

Foto :

ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
​​​​​​​
Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Debat ketiga calon presiden Pemilu 2024 membahas tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

KPU menggelar debat pertama calon presiden Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, pada 12 Desember. Tema debat pertama calon presiden tersebut adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Pada 22 Desember, KPU menggelar debat kedua calon wakil presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Rangkaian debat Pilpres 2024 masih akan berlangsung tiga kali lagi, yaitu pada 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya

Tugas para calon dan KPU, sebagai penyelenggara pemilu, kata dia, adalah memastikan jumlah golongan putih (golput) seminimal mungkin agar peluang Pemilu 2024 berlangsung dalam satu putaran.​​​​​​​”Pemilih bimbang selalu ada sampai detik terakhir, ini adalah hal yang wajar. Mereka adalah kelompok yang memutuskan saat di tempat pemungutan suara. Tugas calon dan KPU adalah memastikan jumlah golput seminimal mungkin, sehingga satu putaran sangat mungkin,” ujar Ridwan Kamil.