Pengamat Teknologi Informasi dan Komunikasi Merespons Positif Pendapat Menteri Luhut Mengenai Starlink

“Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meyakini bahwa kehadiran Starlink membuat menara telekomunikasi BTS tidak lagi diperlukan. Layanan internet milik Elon Musk tersebut dianggap dapat memberikan akses internet, pendidikan, dan layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat.

Pernyataan Menteri Luhut tersebut disambut positif oleh Ketua Komite Penyelarasan Teknologi Informasi Komunikasi (KPTIK) Dedi Yudianto. Menurut Dedi, keberadaan tower BTS menjadi kurang penting ketika layanan yang sama dapat masuk ke Indonesia tanpa menggunakan infrastruktur tower.

Dedi juga menyarankan agar pihak-pihak tidak memberikan komentar negatif di media terkait kehadiran Starlink. Menurutnya, Starlink dapat memberikan layanan kesehatan dan pendidikan ke masyarakat di wilayah terpencil tanpa perlu menunggu pembangunan menara BTS.

Kehadiran Starlink dianggap dapat membantu dalam meningkatkan akses internet di daerah 3T tanpa harus bergantung pada tower BTS. Dengan adanya Starlink, layanan kesehatan dan pendidikan jarak jauh dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Ketua Komite Penyelarasan Teknologi Informasi Komunikasi (KPTIK) memberikan respons positif terhadap pendapat Menteri Luhut mengenai Starlink. Simak informasi selengkapnya di JPNN.com.”

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

MEMBACA  China Membatalkan Konferensi Pers Tahunan Perdana Menteri dalam Langkah yang Mengejutkan