Pemerintah menekankan pentingnya prioritas keselamatan selama perjalanan Idul Adha

Minister Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meminta warga Indonesia yang berencana bepergian selama liburan Idul Adha mendatang untuk memprioritaskan keamanan dan keselamatan.

“Akan ada liburan panjang pada akhir pekan selama Idul Adha dari 15–18 Juni 2024. Mari terus memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan,” kata staf ahli kementerian, Nia Niscaya, dalam konferensi pers mingguan di Jakarta pada hari Senin.

Dia juga meminta wisatawan untuk terus memperhatikan aturan dan larangan di destinasi wisata untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Selain itu, dia meminta manajer destinasi wisata untuk menerapkan teknik manajemen yang tepat atau prosedur operasional standar (SOP) jika suatu destinasi mulai ramai dengan pengunjung.

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa aspek keamanan dan keselamatan standar Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Keberlanjutan Lingkungan (CHSE) dapat diamati secara konsisten.

Manajer destinasi wisata juga diminta untuk menyiapkan rute evakuasi sebagai langkah mitigasi untuk memastikan bahwa pengunjung memiliki waktu yang menyenangkan dan menciptakan pengalaman menarik sehingga mereka berkunjung lagi di masa depan.

Sementara itu, orang yang berencana bepergian dengan transportasi umum seperti bus wisata diminta untuk memperhatikan keselamatan kendaraan, termasuk memeriksa surat izin kendaraan, bukti bus melewati pemeriksaan ramp, dan ketersediaan aksesori keamanan seperti sabuk pengaman.

Memastikan sopir memiliki dokumen yang diperlukan, memiliki waktu istirahat yang cukup, dan terdapat tempat istirahat yang memadai untuk sopir juga dianggap perlu.

“Jam istirahat bagi sopir kendaraan pariwisata harus diperhatikan,” tegasnya.

Menjelang liburan Idul Adha, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengeluarkan surat kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menyiapkan diri menyambut wisatawan, tambahnya.

Berita terkait: Jakarta menerima 58.010 hewan kurban: pejabat
Berita terkait: Jokowi, Pemerintah Papua Barat menyumbangkan sapi untuk Idul Adha

MEMBACA  Enam Buah yang Terdapat dalam Alquran dengan Manfaat Luar Biasa untuk Menyembuhkan Penyakit

Translator: Sinta Ambarwati, Raka Adji
Editor: Rahmad Nasution
Hak cipta © ANTARA 2024