MK Telah Mengirimkan Surat Panggilan Resmi kepada 4 Menteri & DKPP

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo memimpin sidang lanjutan sengketa hasil pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (2/4/2024). Sidang tersebut beragenda mendengarkan keterangan saksi dan saksi ahli yang dihadirkan oleh pemohon Tim Hukum pasangan Ganjar-Mahfud. Mahkamah Konstitusi telah mengirimkan surat pemanggilan resmi kepada empat menteri Kabinet Indonesia Maju dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) pada Selasa (2/4).

Fajar Laksono, Kepala Biro Hukum Administrasi dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi, menyatakan bahwa para pihak yang dipanggil wajib hadir dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK. Empat menteri Kabinet Indonesia Maju yang dijadwalkan pemanggilannya ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Selain keempat menteri tersebut, MK juga menjadwalkan pemanggilan untuk DKPP.

Pemanggilan tersebut bukan bentuk mengakomodasi permohonan dari kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, melainkan merupakan sikap mandiri yang diambil Hakim Konstitusi. Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengirim surat panggilan resmi kepada empat menteri dan DKPP.

MEMBACA  Data menunjukkan bahwa Generasi Z akhirnya siap untuk mengeluarkan lebih banyak uang - namun semakin sulit untuk menjual sesuatu kepada mereka