Mengawasi Korea, Bagas/Fikri Menargetkan Juara Kejuaraan Tim Badminton Asia 2024

Loading…

Bagas / Fikri Target Juara Badminton Asia Team Championships 2024. Foto: MPI / Andhika Khoirul Huda

JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulana / Muhammad Shohibul Fikri, memiliki target untuk menjadi juara di Badminton Asia Team Championships (BATC) 2024. Namun, Bagas / Fikri ingin fokus pada setiap pertandingan dalam ajang dua tahunan tersebut.

BATC 2024 akan diselenggarakan di Setia City Convention Centre, Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada 13 hingga 18 Februari mendatang. Di ajang tersebut, Indonesia akan mengirimkan pemain muda baik dalam tim putra maupun tim putri.

Ada tiga wakil dalam sektor ganda putra yang akan diisi oleh Bagas / Fikri, Leo Rolly Carnando / Daniel Marthin, dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan / Rahmat Hidayat. Selain itu, ada juga empat wakil dalam tunggal putra, yaitu Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Alvi Wijaya Chairullah, dan Yohanes Saut Marcellyno.

Tim putra Indonesia yang terdiri dari pemain muda ini akan berada di Grup D bersama Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Persaingannya cukup sengit, terutama dengan Korea Selatan yang memiliki skuad yang kuat.

Meskipun turun dengan pemain muda, Bagas / Fikri percaya diri dapat membawa Indonesia meraih gelar juara di BATC 2024. Pasangan ganda putra ini berharap setidaknya dapat mencapai babak final dan meraih posisi runner-up seperti pada dua tahun yang lalu.

“Ada peluang untuk menjadi juara. Terlebih lagi, kami bermain dengan baik. Kami memiliki keyakinan,” kata Bagas kepada media di Pelatnas PBSI Cipayung, seperti dikutip Sabtu (10/2/2024).

“Targetnya harus menjadi juara. Semua memiliki target yang sama, ingin menjadi yang terbaik. Namun, kami juga melihat kekuatan tim lawan. Jika kami berhasil melewati tahapan ini, kami akan mencari pengalaman. Semoga kami bisa meraih hasil terbaik, mendekati gelar juara. Jika kami menjadi juara, itu akan sangat bagus,” tambahnya.

MEMBACA  Menjaga Gelar Juara Sabuk WBC dan WBA

“Dua tahun yang lalu, kami juga berhasil mencapai final dengan tim pelapis. Artinya, kami tidak harus menjadi pemain senior untuk mencapai final. Jadi, kami berharap tahun ini minimal bisa mencapai final juga. Itulah harapannya,” kata Fikri.

Fikri juga mengakui bahwa Korea Selatan akan menjadi pesaing terberat bagi Indonesia di fase grup. Terlebih lagi, mereka dikabarkan akan menurunkan pemain inti, termasuk pasangan ganda putra Kang Min Hyuk / Seo Seung Jae yang saat ini berada di peringkat tiga dunia.

“Ya, Korea. Mereka juga mengirimkan tim penuh, jika tidak salah. Saya melihat Kang / Seo juga bermain,” ungkap Fikri.

PBSI sengaja mengirimkan pemain muda dalam tim putra dan putri di BATC 2024. Hal ini dilakukan dengan harapan agar mereka dapat mengembangkan diri lebih cepat.

(sto)