M Tahir dari PSBS Biak Diserang oleh Netizen karena Memanggil Pemain Lokal 11-12 dengan Naturalisasi

Rabu, 3 April 2024 – 20:24 WIB

Biak – Pemain PSBS Biak, Muhammad Tahir, tengah menjadi sorotan. Ia mengungkapkan bahwa kualitas pemain naturalisasi tidak terlalu berbeda dengan pemain lokal.

Hal tersebut disampaikan oleh Tahir dalam wawancara di kanal Youtube Bicara Bola bersama Akmal Marhali. “Saya merasa di Timnas Indonesia saat ini terlalu banyak pemain naturalisasi. Kasihan kita memiliki kompetisi di dalam negeri, apa gunanya,” ungkap M Tahir.

Menurut Tahir, perbedaan antara pemain lokal dan naturalisasi hanya terletak pada bermain di dalam negeri atau di luar negeri. Namun, kualitas mereka tidak terlalu jauh berbeda. “Kita hanya kalah karena mereka bermain di luar negeri, sedangkan kita bermain di dalam negeri. Kalau soal kualitas, saya rasa tidak terlalu berbeda,” ucapnya.

Tahir bahkan mengusulkan agar PSSI mengadakan uji coba antara pemain lokal dan naturalisasi, dengan keyakinan bahwa pemain lokal akan menang. “Coba kita adakan uji coba antara pemain lokal dan naturalisasi, saya yakin pemain lokal akan menang,” tegasnya.

Ucapan Tahir tersebut cukup kontroversial. Fakta menunjukkan bahwa pemain naturalisasi yang bermain di klub Eropa telah mampu meningkatkan permainan Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong. Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dua kali dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 berkat kontribusi pemain naturalisasi seperti Justin Hubner, Jay Idzes, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

Netizen pun memberikan tanggapan terhadap pernyataan Tahir. Namun, akun Instagram @tahirayu32_new4173 telah di-private. Beberapa netizen kemudian memberikan komentar di akun resmi PSBS Biak.

MEMBACA  Macy's Akan Menutup 150 Toko, Meningkatkan Merek Mewah dalam 'Bab Baru Berani' Oleh Investing.com