Kementerian mempertimbangkan berbagai faktor untuk restorasi lingkungan.

Ministry of Environment and Forestry menekankan pentingnya mempertimbangkan berbagai faktor dalam memulihkan lingkungan, termasuk upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Jenderal Sosial Kehutanan dan Kemitraan Lingkungan Kementerian tersebut, Mahfudz, mencatat dalam diskusi online yang dipantau dari Jakarta pada hari Selasa bahwa penyelesaian krisis iklim memerlukan inovasi dan prinsip keadilan, terutama dalam upaya memulihkan lingkungan.

“Pemulihan lahan akan memberikan manfaat bagi ekosistem dengan mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Untuk memastikan bahwa upaya pemulihan lahan berjalan sambil juga memastikan kesejahteraan masyarakat sekitar, Mahfudz menjelaskan bahwa direktorat jenderal memperhitungkan pilar ekonomi, lingkungan, dan sosial-budaya saat melaksanakan berbagai kebijakan.

Selain lingkungan, sektor ekonomi juga harus menjadi aspek penting yang dipertimbangkan dalam upaya memulihkan lingkungan sebagai salah satu langkah mitigasi perubahan iklim.

Dia menjelaskan bahwa akan menantang untuk melibatkan komunitas yang belum sejahtera dalam upaya konservasi.

“Oleh karena itu, melalui upaya ini, tentu kita harus mendorong kesejahteraan masyarakat dengan tidak melupakan kepentingan lingkungan dan menjaga dinamika sosial,” katanya dalam diskusi yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Dalam hal ini, dia mendorong kerjasama di antara semua pihak dalam beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk berbagai program kemitraan lingkungan yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Untuk kepentingan bersama kita, kerjasama aktif dan partisipasi setiap pihak dalam menyelamatkan Bumi sangat diperlukan. Kami, pemerintah, tidak bisa bekerja sendiri, dan tentu saja, banyak pihak akan terlibat,” ujarnya.

Berita terkait: Konsep ibu kota akan melibatkan pemulihan lingkungan: menteri
Berita terkait: Lebih banyak tokoh lokal mendukung pemulihan lingkungan: Dohong

MEMBACA  Matras Terbaik untuk Orang yang Tidur Bergantian untuk Tahun 2024

Translator: Prisca Triferna, Raka Adji
Editor: Azis Kurmala
Hak cipta © ANTARA 2024