Indonesia dan Mesir memperkuat dukungan kemanusiaan untuk Palestina

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia dan Mesir akan meningkatkan kerja sama untuk mendukung kemanusiaan dan pembangunan di Palestina.

Amin menyampaikan pernyataan tersebut saat bertemu dengan Sheikh Besar Universitas Al-Azhar Kairo, Ahmed Mohamed Ahmed Al-Tayeb, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada hari Rabu.

Dalam pertemuan tersebut, Amin menekankan krisis di Gaza dan menekankan perlunya dukungan teguh dari Indonesia dan Mesir untuk Palestina.

“Saya yakin Indonesia dan Mesir akan terus solid dalam mendukung Palestina. Indonesia sangat memperhatikan situasi krisis di Gaza,” katanya.

Amin juga menegaskan komitmen Indonesia untuk terus berkolaborasi dengan Mesir dalam memberikan bantuan kemanusiaan.

Ia menyoroti potensi kerja sama dalam pengelolaan waqf dan sadaqah dengan Universitas Al Azhar, yang dapat memiliki dampak yang langgeng.

“Saya berharap bahwa Rumah Zakat dan Infak Al Azhar dapat bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Badan Wakaf Indonesia mengenai hal ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Al-Tayeb menyampaikan salam dari Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Indonesia.

Ia mencatat bahwa presiden mengapresiasi peran kunci Indonesia dalam membantu masyarakat Gaza.

Ia berharap Indonesia akan terus mendukung upaya gencatan senjata di Gaza, mendukung kembalinya pengungsi, dan meningkatkan bantuan kemanusiaan.

Sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk Palestina dan solidaritas dengan Mesir dalam membantu pengungsi Palestina, pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan medis darurat senilai US$1 juta kepada pengungsi Palestina di Mesir pada 4 April.

Bantuan tersebut merupakan respons dari pemerintah Indonesia terhadap permintaan bantuan dari Kementerian Kesehatan Mesir yang disampaikan pada Januari 2024. Pengiriman bantuan sebelumnya tertunda karena serangan Israel di Rafah antara Februari dan Maret 2024.

MEMBACA  Pemerintah Berkomitmen untuk Membangun SDM Terampil melalui Pusat Pelatihan: Wakil Presiden

Berita terkait: Jokowi, Sheikh Besar Al-Azhar bahas hubungan Indonesia-Mesir, Gaza

Berita terkait: Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir

Penerjemah: Benardy Ferdiansyah, Raka Adji
Editor: Anton Santoso
Hak cipta © ANTARA 2024