Imbauan Bupati Bone Bolango untuk Warga: Hentikan Aktivitas di Lokasi Tambang yang Terdampar.

Kamis, 11 Juli 2024 – 15:19 WIB

Bone Bolango – Bupati Kabupaten Bone Bolango Merlan Uloli mengimbau masyarakat untuk menghentikan sementara aktivitas di lokasi tambang emas rakyat Desa Tulabolo Timur Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, akibat masih terjadi pergerakan tanah.

Baca Juga :

Korban Tewas tambang longsor di Gorontalo Puluhan Orang, Warga NU Diimbau Salat Gaib

Merlan Uloli di Gorontalo, Kamis, 11 Juli 2024, mengatakan bahwa warga khususnya penambang diminta untuk tidak berada di lokasi pertambangan untuk sementara waktu, mengingat saat ini di lokasi sedang berlangsung operasi SAR dan masih terjadi pergerakan tanah.

\”Kami tidak menginginkan semakin banyak korban, karena informasi dari pihak posko SAR, masih terjadi longsor di atas,\” kata.

Baca Juga :

Pemprov Gorontalo Siapkan Kontainer Pendingin Jenazah Korban Tambang Emas Longsor

Proses evakuasi jenazah korban longsor di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu, 10 Juli 2024.

Ia mengatakan, begitu juga kepada warga atau penambang lainnya yang ingin pergi ke lokasi tambang, diimbau untuk menunda niatnya demi keselamatan diri.

Baca Juga :

Hari Ke-4 Pencarian, Tim SAR Tambang Longsor di Gorontalo Ditarik Mundur karena Cuaca Buruk

Dia juga menekankan bahwa jangan sampai hanya karena kelalaian diri sendiri yang mengabaikan anjuran pemerintah, malah akan mempersulit dan menambah pekerjaan bagi tim SAR.

Belum lagi, katanya, sampai dengan saat ini, sebagian besar wilayah di Gorontalo khususnya Kabupaten Bone Bolango tengah diguyur hujan, dan memungkinkan terjadinya peristiwa yang dapat mengancam keselamatan jiwa masyarakat.

\”Kami juga berharap para pemilik usaha tambang emas agar bisa bahu membahu memberikan kontribusi dalam proses operasi SAR ini,\” katanya.

MEMBACA  6 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Uang di Usia 20-an Anda, Menurut Para Ahli Keuangan: 'Dolar yang Anda Tabung Hari Ini Kemungkinan adalah Dolar yang Paling Berharga untuk Masa Depan Anda'

Sejumlah personel Polri membawa korban longsor di Desa Tulabolo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa, 9 Juli 2024.

Ia juga mengatakan telah mengeluarkan surat edaran ke masing-masing jajaran pemerintah hingga seluruh masyarakat yang ada di desa-desa, untuk melaksanakan du\’a lo lipu atau doa untuk negeri secara serentak di masing masing-masjid.

Hal ini bertujuan untuk mendoakan arwah para korban tanah longsor di lokasi tambang rakyat Bone Bolango, dan yang belum ditemukan juga segera dapat ditemukan dalam kondisi selamat.

\”Dalam surat edaran tersebut, pelaksanaannya pada Jumat (12/07) pukul 08.00 WITA. Sementara untuk jajaran Pemda Bone Bolango, dilaksanakan secara terpusat,\” katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya

Belum lagi, katanya, sampai dengan saat ini, sebagian besar wilayah di Gorontalo khususnya Kabupaten Bone Bolango tengah diguyur hujan, dan memungkinkan terjadinya peristiwa yang dapat mengancam keselamatan jiwa masyarakat.