HKI: Mempercepat Investasi di Kawasan Industri Tanggung Jawab Pemerintah dan Pengusaha

Rabu, 15 Mei 2024 – 19:57 WIB

Kepala DPMPTSP Jawa Barat Nining Yulistiani saat menandatangani Penandatangan komitmen bersama percepatan investasi di kawasan industri bersama Badan Pendatapan Daerah (Bapenda), Himpunan Kawasan Industri (HKI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jawa Barat. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT – Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengapresiasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat (Jabar) yang telah mengajak para pengusaha kawasan industri untuk duduk bersama, demi percepatan investasi.

Diketahui, DPMPTSP Jabar terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan investasi di kawasan industri, dengan tingkat okupansi rendah. Salah satunya, dengan menggandeng seluruh pemangku kebijakan dan para pelaku industri di Jawa Barat untuk duduk bersama.

Melalui Forum Percepatan Investasi di Kawasan Industri 2024, DPMPTSP Jabar ingin mengajak atau berkolaborasi serta bersinergi yang berkelanjutan dengan pelaku usaha di kawasan industri.

Hal itu dilakukan demi memperkuat ekosistem investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta berkelanjutan.

Direktur Eksekutif HKI Fahmi Sahab mengatakan, Jabar menjadi barometer terhadap pertumbuhan industri. Pasalnya, investasi nasional dipengaruhi oleh industri manufaktur yang ada di Jawa Barat.

“Iklim-iklim perbaikan investasi itu harus dilihat ke depannya, jadi perlu sekali forum seperti ini diadakan rutin duduk bersama antara pemerintah pusat, daerah, dan dunia usaha,” tutur Fahmi seusai mengikuti kegiatan ‘Forum Percepatan Investasi di Kawasan Industri 2024’ di Mason Pine, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (15/5).

Menurutnya, percepatan investasi di kawasan industri merupakan tanggung jawab bersama baik dari regulator dan dunia usaha.

Oleh karena itu, kata Fahmi, penting diadakannya forum bersama pemerintah dan dunia usaha dengan membahas membahas perkembangan dan permasalahan di lapangan terkait investasi seperti keamanan, perizinan hingga infrastruktur.

MEMBACA  Menteri Luar Negeri Indonesia dan Papua Nugini Mengunjungi Sekolah Dasar di Perbatasan Wutung yang Diperbarui oleh Pemerintah Indonesia

HKI mengapresiasi DPMPTSP Jabar yang telah mengajak para pengusaha kawasan industri untuk duduk bersama, demi percepatan investasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News