Federasi Olahraga untuk Semua Saudi Sambut Lebih dari 20.000 Peserta untuk Maraton Riyadh 2024

Riyadh, Arab Saudi–(ANTARA/Business Wire)– Lebih dari 20.000 peserta dari 125 negara, termasuk 60% warga Saudi, mengikuti edisi ketiga Riyadh Marathon pada 10 Februari – peningkatan lebih dari 33%, dengan 15.000 pelari pada tahun 2023.

Untuk pertama kalinya, garis start dan garis finis, serta Marathon Village yang menyertainya, berada di sebelah Kingdom Arena dan Boulevard World. Dari sana, peserta dari segala usia dan kemampuan dapat menikmati salah satu dari empat perlombaan – maraton penuh (42,2km), maraton setengah (21,1km), 10km, dan lari keluarga 4km. Di keempat perlombaan tersebut, terdapat lebih dari 20.000 peserta, dengan peningkatan signifikan pada pelari perempuan, mencapai lebih dari 7.200 orang. Secara total, 64% adalah laki-laki, dengan 36% adalah perempuan.

Tiga pelari maraton elit pria teratas adalah Kigen Wilfred Kirwa dari Kenya, Tilahun Abe Gashahun dari Etiopia, dan El Ghouz Anouar dari Maroko, yang masing-masing menerima hadiah sebesar US$30.000, US$20.000, dan US$10.000. Tiga pelari maraton elit perempuan teratas, yang juga menerima jumlah yang sama, adalah Badane Bedatu Hirpa, Desta Nigist Muluneh, dan Jebesa Zenebu Fikadu, semua berasal dari Etiopia. Hadiah untuk pelari elit pada perlombaan setengah maraton dimulai dari US$5.000 untuk juara pertama.

Pangeran Khaled bin Alwaleed bin Talal Al Saud, Presiden SFA, mengatakan: “Sesuai dengan mandat inisiatif Saudi Vision 2030, acara seperti ini sedang membangun populasi yang lebih sehat dan lebih bahagia. Dan dengan jumlah peserta dari luar negeri yang meningkat, kami meningkatkan profil Arab Saudi sebagai negara olahraga.”

Direktur Managing SFA, Shaima Saleh Al-Husseini, mengatakan: “Angka partisipasi perempuan sebesar 36% yang luar biasa menunjukkan upaya kami yang berkelanjutan untuk memberdayakan perempuan melalui olahraga, dan membantu mewujudkan tujuan ambisius Saudi Vision 2030. Pencapaian tonggak ini menandakan masa depan yang lebih cerah dan lebih sehat.”

MEMBACA  Prabowo-Gibran Leads but Declines, AMIN SurgesPrabowo-Gibran Memimpin namun Menurun, AMIN Melonjak

Diorganisir oleh Federasi Olahraga untuk Semua Arab Saudi (SFA), bekerja sama dengan Kementerian Olahraga, Komite Olimpiade & Paralimpiade Arab Saudi, dan Federasi Atletik Arab Saudi, sponsor acara termasuk Saudi Awwal Bank, dan sponsor utama ROSHN, PepsiCo, ASICS, Twauniya, Genesis, dan Al Arabiya, dengan total hadiah uang sebesar US$197.000 diberikan kepada para pemenang. Acara ini juga disponsori oleh JPMorgan, Hisamitsu, Activia, L’OrĂ©al, GSK, CALO, Kudu, Delta Sports, dan MDLBeast.

Kontak

Norah Almohaimeed

Sumber: Federasi Olahraga untuk Semua Arab Saudi