Ekonomi Islam Tetap Dimasukkan dalam Strategi Pengembangan: Wakil Presiden

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan pada hari Selasa bahwa Indonesia telah konsisten dalam menjadikan kebijakan ekonomi dan keuangan Islam sebagai bagian dari strategi pembangunan nasionalnya. Dalam konteks perkembangan ekonomi dan keuangan Islam global, Indonesia telah mendapat pengakuan, salah satunya adalah Indonesia dianggap konsisten dalam menjadikan kebijakan ekonomi dan keuangan Islam sebagai bagian dari strategi pembangunan nasional,” tambahnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Amin saat pembukaan Festival Ramadan Halal Banten di Kabupaten Tangerang, Banten, yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Wakil Presiden.

Ia mengatakan bahwa strategi tersebut penting untuk pembangunan nasional yang berkelanjutan dan merata. “Tantangan pembangunan bukan hanya soal mencapai pertumbuhan ekonomi tertinggi, tetapi memastikan bahwa pertumbuhan tersebut mampu mendukung masyarakat hingga tingkat terendah,” paparnya.

Untuk itu, ia menekankan, ada tugas besar untuk melanjutkan pembangunan kesejahteraan yang memiliki dampak nyata pada masyarakat dan meningkatkan kontribusi Indonesia terhadap pembangunan global, khususnya melalui sektor ekonomi dan keuangan Islam.

“Pada masa depan, pembangunan ekonomi dan keuangan yang berkelanjutan dan kontributif secara nasional harus terus didorong, termasuk dengan menyebarkan informasi tentang kebijakan dan program di tingkat regional, sehingga literasi dan partisipasi masyarakat meningkat,” ujarnya.

Ia menyambut semua upaya positif yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan komite regional untuk ekonomi dan keuangan Islam (KDEKS) dalam memajukan ekonomi dan keuangan Islam.

“Melalui festival Ramadan ini, saya berharap akan ada hasil konkrit, terutama dalam meningkatkan kontribusi industri halal dari Banten ke dunia,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dalam menanggapi tantangan pembangunan dan memajukan ekonomi dan keuangan Islam hingga ke tingkat global, Indonesia harus terus memperkuat perannya sebagai pemain kunci dalam perdagangan global produk halal.

MEMBACA  Polsek Perdagangan Menangkap Seorang Pengemudi Pemilik Narkoba di Bandar Masilam

Berita terkait: Wakil Presiden Amin meresmikan komite ekonomi dan keuangan Islam di Sulawesi Tenggara
Berita terkait: Wakil Presiden Amin membuka Pekan Ramadan Kepulauan Riau di Tanjung Pinang
Berita terkait: Sinergi dengan kementerian untuk meningkatkan literasi ekonomi Islam: KNEKS

Penerjemah: Benardy Ferdiansyah, Raka Adji
Editor: Azis Kurmala
Hak cipta © ANTARA 2024