DPR Menunggu Surat dari Presiden mengenai Nasib Firli Bahuri sebagai Ketua KPK

DPR Awaits Letter from President Regarding the Fate of Firli Bahuri as Chairman of KPK

DPR Menunggu Surat Presiden Mengenai Nasib Firli Bahuri sebagai Ketua KPK

Jumat, 29 Desember 2023 – 21:51 WIB

Jakarta – Komisi III DPR RI meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menyerahkan nama pengganti Ketua KPK Firli Bahuri yang definitif. Diketahui, sejak kosong, jabatan Firli digantikan sementara oleh Nawawi Pomolango. 

Baca Juga :

Jokowi Terbitkan Aturan Baru Pajak Gaji Pekerja, Berlaku Mulai 1 Januari 2024

Selain itu, Komisi hukum DPR juga masih menunggu surat presiden (surpres) Presiden Jokowi terkait pemberhentian Firli sebagai Ketua KPK. DPR segera menindaklanjuti kekosongan jabatan Ketua KPK.

\”Tentu kami akan menindaklanjuti pemberhentian Pak Firli secara resmi oleh Pak Jokowi tersebut. Sebagaimana diatur Pasal 33 UU Nomor 19 Tahun 2019 bahwa dalam hal terjadi kekosongan pimpinan KPK, maka akan dipilih penggantinya dari calon Pimpinan KPK yang tidak terpilih sebelumnya,\” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman kepada wartawan, Jumat, 29 Desember 2023.

Baca Juga :

Jokowi Targetkan Tidak Cetak KTP Lagi, Tapi Pakai Identitas Digital

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman

Politikus Partai Gerindra itu juga mengatakan pihaknya akan menjadwalkan rapat penggantian Firli secepatnya setelah mendapat surpres tersebut.

Baca Juga :

Jokowi Resmi Pecat Firli Bahuri sebagai Ketua KPK

Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri mengundurkan diri.

Namun, terang Habiburokhman, rapat itu baru bisa diagendakan setelah anggota DPR mengakhiri masa reses pada 15 Januari 2024.

“Saat ini kami sedang reses sampai dengan pertengahan 16 Januari, proses pemilihan baru akan dimulai di masa sidang mendatang,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya

“Saat ini kami sedang reses sampai dengan pertengahan 16 Januari, proses pemilihan baru akan dimulai di masa sidang mendatang,” imbuhnya.

MEMBACA  Pendapatan Rogers Q1 di bawah perkiraan, memandu lebih rendah untuk Q2 Oleh Investing.comPendapatan Rogers kuartal pertama meleset dari perkiraan, memandu lebih rendah untuk kuartal kedua Oleh Investing.com