DPR mencari tarif pesawat lebih murah selama eksodus Lebaran

Kami berharap tidak akan ada keluhan dari masyarakat mengenai tiket yang mahal. Jakarta (ANTARA) – Komisi V DPR telah meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mendorong maskapai penerbangan untuk memberikan tarif udara yang lebih murah selama periode mudik Lebaran 2024.

\”Tiket harus lebih murah selama Lebaran dengan perkiraan 190 juta orang akan melakukan perjalanan (untuk mudik),\” kata Ketua Komisi V, Lasarus, saat rapat kerja mengenai kesiapan mudik di sini pada hari Selasa.

Rapat kerja tersebut dihadiri oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Lasarus mengungkapkan harapannya bahwa tarif udara yang lebih murah akan memastikan orang tidak merasa terbebani secara ekonomi saat bepergian untuk bertemu keluarga.

\”Kami berharap tidak akan ada keluhan dari masyarakat mengenai tiket yang mahal,\” katanya.

Sebelumnya pada Jumat (29 Maret 2024), Sumadi meminta kepada maskapai penerbangan untuk tidak menaikkan tarif udara secara berlebihan atau melebihi batas harga selama periode mudik Lebaran.

Menteri tersebut menekankan bahwa pemerintah telah menetapkan batas harga untuk tiket transportasi yang harus dipatuhi karena hal tersebut akan memungkinkan operator transportasi untuk mendapatkan keuntungan tanpa mempengaruhi daya beli masyarakat.

\”Tentu saja, ada sanksi bagi mereka yang melanggar atau melebihi batas harga. Terkait hal ini, kami telah berkoordinasi dengan semua operator sebagai bagian dari penyediaan layanan kepada masyarakat,\” ujarnya.

Menurut survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, diperkirakan 193,6 juta orang akan ikut serta dalam mudik untuk merayakan Lebaran yang diprediksi jatuh pada tanggal 10 April.

Mudik diprediksi akan mencapai puncaknya dari tanggal 5-7 April 2024.

MEMBACA  Menteri Berharap Kerja Sama Tenaga Kerja yang Lebih Kuat dengan Jepang

Berita terkait: Pulang lebih awal, kembali lebih lambat: Sumadi kepada pemudik Lebaran

Berita terkait: Momentum Lebaran dapat memperkuat ekonomi desa: Menteri

Berita terkait: Pemerintah pastikan mudik Lebaran berjalan lancar: Menko

Penerjemah: Tri Meilani, Raka Adji
Editor: Azis Kurmala
Hak cipta © ANTARA 2024