Amalkan Kumpulan Doa Saat Safar atau Perjalanan Jauh, Ayo Gunakan Saat Pulang Kampung Nanti!

Kumpulan doa saat kita akan bersafar atau bepergian jauh ini, dapat diamalkan oleh umat Muslim saat mudik menjelang Idul Fitri nanti. Termasuk doa yang penting untuk dihafalkan adalah doa dalam rangkaian safar, yaitu sebelum berangkat, selama perjalanan, dan setibanya di tujuan, semuanya dihiasi dengan doa dan zikir.

Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam mendorong umatnya untuk banyak berdoa, berdasarkan hadis: “Tiga jenis doa yang pasti dikabulkan (mustajab) dan tidak diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizhalimi, doa musafir, dan doa buruk orang tua terhadap anaknya.”

Berikut ini terdapat kumpulan doa dari Imam an-Nawawi dan kitab hadis karya Syaikh Al-Bani yang merangkum doa dalam rangkaian safar:

1. Ketika siap untuk berangkat, ketika keluar dari rumah, membaca: “BISMILAAHI TAWAKKALTU ALALLAHI WA LAA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAHI.”

2. Ketika sudah siap berangkat dan berada di kendaraan, berdoa: “ASTAWDI’ULLOHA DIINAKA, WA AMAANATAKA, WA KHOWAATIIMA ‘AMALIK.”

3. Selama perjalanan, berdoa agar tetap dalam kondisi bertakwa kepada Allah Ta’ala: “ZAWWADAKALLOHUT TAQWAA, WA GHOFARO DZANBAKA, WA YASSARO LAKAL KHOIRO HAITSUMAA KUNTA.”

4. Doa musafir kepada keluarga yang ditinggalkan: “ASTAWDI’UKALLOHALLADZII LAA TADHII’U WA DAA-I’UHU.”

5. Doa ketika mulai meninggalkan rumah: membaca “BISMILLAH” sebanyak 3 kali, kemudian mengucapkan pujian kepada Allah dan meminta ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

MEMBACA  Tugas di Sini Sangat Berat