Ulasan Tuxedo InfinityBook Pro (2024): Laptop Linux Teratas

Salah satu hal yang saya perhatikan adalah keyboard gaya Eropa. Tuxedo mengirimkan saya keyboard Jerman, yang bagus, saya sudah terbiasa mengetik tanpa melihat keyboard, jadi begitu saya mengatur tata letak ke AS di pengaturan, keyboard ini sebagian besar baik-baik saja. Kecuali untuk tombol Enter. Sebagian besar keyboard AS menggunakan apa yang dikenal sebagai desain ANSI, yang memiliki tombol Enter panjang dan tipis. Tuxedo menggunakan keyboard format ISO, yang memiliki tombol Enter yang lebih tinggi dengan tombol lain di sebelah kirinya. Ini berguna bagi pengguna Eropa karena menyediakan tombol aksen tambahan, tetapi ini tentu saja akan sedikit membingungkan jika Anda terbiasa dengan keyboard AS. Saya mengatasi masalah ini dengan memetakan tombol aksen tambahan ke tombol Enter (menggunakan Input Remapper), jadi bahkan jika saya salah mengetik, saya tetap mendapatkan hasil yang saya inginkan.

Selain itu, keyboard ini cukup bagus. Tombol-tombolnya agak tinggi untuk keyboard gaya chiclet dan memiliki perjalanan yang memuaskan. Saya dapat mengetik dengan cepat seperti yang saya lakukan di Thinkpad T14 saya.

Tuxedo juga menawarkan beragam opsi kustomisasi keyboard. Anda dapat menempatkan hampir apa pun yang Anda inginkan di keyboard, termasuk tidak ada apa-apa. Anda juga dapat memiliki logo kustom Anda diukir di penutup.

InfinityBook Pro dibangun dengan menggunakan Intel Core i7-13700H. Model yang saya uji coba dilengkapi dengan grafis terintegrasi, namun ada opsi untuk mengonfigurasi InfinityBook Pro Anda dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3050 yang berkualitas tinggi. Saya tidak merasa membutuhkannya, tetapi jika Anda berencana melakukan lebih dari sekadar bermain game ringan, mungkin itulah yang harus Anda pilih. (Refresh rate layar mencapai 90 Hz, yang bagus untuk bermain game tetapi tidak secepat beberapa tampilan lainnya.) Saya melakukan banyak pengeditan video di mesin ini, dan meskipun kipas berputar cukup kencang, tetapi kecepatannya cukup untuk kebutuhan saya.

MEMBACA  20 Pengisi Daya Baterai Portabel Terbaik (2024): Untuk Ponsel, iPad, Laptop, dan Lainnya

Berbicara tentang kipas, InfinityBook Pro 14 dilengkapi dengan sistem pendingin dual-fan, dua kali lipat dari kebanyakan laptop tipis dengan desain seperti ini. Sistem ini berfungsi dengan baik juga. Bahkan ketika saya mengekspor rekaman video 5.2K besar menjadi 4K, laptop ini tidak pernah terlalu panas untuk diletakkan di pangkuan saya.

Seperti kebanyakan laptop Linux, daya tahan baterai InfinityBook Pro cukup baik, tetapi tidak sebaik MacBook baru. Dalam pengujian daya baterai biasa kami (melakukan loop video Full HD dengan kecerahan 75 persen), InfinityBook Pro mampu bertahan selama 6,5 jam. Selama beberapa bulan saya menguji InfinityBook Pro, saya tidak pernah merasa terbatas oleh daya tahan baterai. Saya menyukai kecerahan sekitar 40 persen saat menjelajahi web dan dokumen, jadi biasanya saya mengatur kecerahan di angka tersebut kecuali ketika saya mengedit foto atau video. Penggunaan rata-rata, dengan kecerahan 40 persen, biasanya memberikan saya antara sembilan hingga sepuluh jam. Satu hari kerja penuh dan sedikit lebih. Ini dapat ditingkatkan dan disesuaikan lebih lanjut menggunakan aplikasi Control Center yang sangat baik dari Tuxedo (lebih lanjut tentang hal ini di bawah).

Foto: Scott Gilbertson

Foto: Scott Gilbertson

InfinityBook menawarkan lebih banyak port daripada yang Anda kira. Ada port Thunderbolt 4/USB-C yang juga dapat digunakan untuk pengisian daya, port USB-C 3.2 Gen2, dua port USB-A, pembaca kartu SD berukuran penuh, port HDMI, port headphone/mic, dan colokan daya terpisah. Yang terakhir adalah cara tercepat untuk mengisi daya, meskipun Anda dapat menggunakan kabel USB-C standar untuk mengisi daya. Namun, Anda akan memerlukan pengisi daya 100 watt. Pengisi daya 60 watt saya berfungsi, tetapi saat beban berat—misalnya saat mengekspor video—laptop menghabiskan daya lebih cepat daripada yang dapat diisi. Situs web Tuxedo memiliki halaman khusus yang didedikasikan untuk pengaturan terbaik untuk pengisian daya melalui USB-C.

MEMBACA  Pasien pertama Neuralink dapat mengendalikan mouse komputer dengan berpikir, klaim Elon Musk

Trackpad di InfinityBook Pro ini besar dan responsif. Kadang-kadang ia akan mendeteksi telapak tangan saya sebagai sentuhan saat saya mengetik, tetapi saya lebih suka mematikan fitur tap.

Tuxedo OS, atau Distro Linux Lainnya

Seperti System76, laptop Tuxedo dikirim dengan OS yang disesuaikan berdasarkan Ubuntu Linux, meskipun mereka dapat menjalankan hampir semua distribusi Linux. (Saya menguji Fedora untuk melihat apakah berfungsi dan Arch karena itu yang paling sering saya gunakan.) Tuxedo OS, yang dibangun di sekitar desktop KDE, memberikan pengalaman Linux yang baik dan ramah bagi pemula.