Semua Fitur Baru Teratas yang Akan Datang ke MacOS Sequoia

Apple telah resmi mengumumkan versi terbaru sistem operasi untuk Mac. Kali ini, Apple tetap menggunakan konvensi penamaan “tempat-tempat di California” dan memilih macOS Sequoia. (Ya, sequoia adalah jenis pohon, tetapi juga taman nasional di utara California.)

Juga dikenal sebagai macOS 15, OS baru ini menawarkan berbagai fitur baru di desktop, termasuk aplikasi manajemen kata sandi, alat konferensi video, dan pembaruan untuk Safari, serta semua fitur yang disertakan dengan Apple Intelijen—sistem kecerdasan buatan baru perusahaan. Di bawah ini, kami akan membahas semua fitur baru ini yang akan tersedia di macOS Sequoia ketika diluncurkan pada musim gugur ini.

Pastikan juga untuk memeriksa rangkuman fitur iOS 18 dan iPadOS 18 kami untuk semua fitur baru yang akan datang ke iPhone dan iPad Anda, serta tinjauan kami tentang apa yang baru di watchOS 11.

Apakah Mac Anda Kompatibel?

MacOS Sequoia, atau macOS 15, adalah pembaruan gratis untuk komputer Apple Anda. Tetapi beberapa fitur, seperti Apple Intelijen (lebih lanjut tentang itu, nanti), eksklusif untuk Mac dengan chip silikon Apple seri M. Untuk mengetahui model Mac apa yang Anda miliki, klik ikon Apple di bilah menu di sudut kiri atas layar Anda dan klik Tentang Mac Ini. Kami telah mencantumkan semua model yang akan bisa menjalankan macOS Sequoia di bawah ini.

MacBook Air: 2020 dan seterusnyaMacBook Pro: 2018 dan seterusnyaMac Mini: 2018 dan seterusnyaiMac: 2019 dan seterusnyaiMac Pro: 2017 dan seterusnyaMac Pro: 2019 dan seterusnyaMac Studio: 2022 dan seterusnya

MacOS Sequoia saat ini hanya tersedia sebagai beta pengembang, tetapi beta publik (di mana semua orang dapat mencoba fitur-fiturnya) akan tersedia pada bulan Juli.

MEMBACA  Pertarungan gaya Smash Bros. milik WB, Multiversus, akan diluncurkan pada bulan Mei

Fitur Baru

Di bawah ini, kami akan membahas semua fitur utama yang akan hadir di MacOS 15. Untuk daftar lengkapnya, kunjungi halaman pratinjau resmi Apple.

iPhone Mirroring

Foto: Apple

Terkadang iPhone Anda berada di ruangan lain atau dalam tas Anda. Selama saat-saat seperti itu Anda tidak merasa ingin bangun untuk mencarinya tetapi perlu menggunakannya, Anda akan dapat menampilkannya di komputer Anda. Sebagai bagian dari fitur Kontinuitas Apple, iPhone Mirroring memberi Anda kemampuan untuk mengakses dan berinteraksi dengan iPhone Anda secara nirkabel menggunakan Mac Anda.

Ketika fitur ini aktif, Anda akan melihat Layar Beranda khusus iPhone Anda muncul. Dari sana, Anda dapat menggunakan keyboard, trackpad, atau mouse untuk menarik dan menjatuhkan konten (seperti foto, video, dan file) antara kedua perangkat, membuka dan menggunakan aplikasi apa pun, menggeser melalui semua halaman di Layar Beranda Anda, serta melihat dan merespons pemberitahuan. Sementara Anda melakukan semua ini, iPhone Anda akan tetap terkunci. Ini juga berfungsi saat iPhone Anda dalam mode Standby, fitur dari iOS 17 yang mengubah iPhone Anda menjadi tampilan pintar saat diisi daya.

Pembaruan Safari

Foto: Apple

MacOS Sequoia menawarkan beberapa fitur baru untuk Safari. Dengan Sorotan, Safari akan menggunakan kecerdasan mesin untuk menunjukkan informasi relevan dari halaman web seperti petunjuk, tautan, ringkasan, dan ulasan restoran. Apple juga merancang ulang Pembaca untuk meminimalkan gangguan. Selain tampilan yang lebih ramping dari artikel, Anda juga akan melihat ringkasan dan daftar isi (untuk artikel yang lebih panjang). Jika halaman web tersebut mencakup video, Viewer akan membawanya ke depan sambil tetap memberi Anda akses ke kontrol pemutaran (Gambar dalam Gambar termasuk).

MEMBACA  Ekonom terkemuka El-Erian mengatakan Bank Sentral Eropa dapat memangkas suku bunga sebanyak atau lebih sering daripada Fed, yang "tidak terbayangkan hanya beberapa bulan lalu"

Pembagian Jendela

Video: Apple

Mereka yang selalu membuka banyak jendela browser secara bersamaan akan menghargai fitur Pembagian Jendela baru yang membantu mengaturnya untuk pengalaman tampilan yang lebih baik. Ketika Anda menarik jendela ke tepi layar, OS baru akan secara otomatis menyarankan posisi yang terbagi di layar Anda. (Ini mirip dengan Snap di Windows.) Anda kemudian dapat menjatuhkan jendela itu ke tempatnya, menyusun beberapa jendela secara berdampingan, atau menempatkannya di salah satu dari empat sudut untuk membuat ruang bagi aplikasi lebih banyak. Untuk organisasi yang lebih cepat, Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard dan menu.

Alat Konferensi Video

Foto: Apple

Tahun lalu, Apple menambahkan beragam alat konferensi video baru dengan MacOS Sonoma termasuk Presenter Overlay, Reaksi, dan berbagai fitur untuk webcam bawaan Mac. Tahun ini, perusahaan menambahkan beberapa lagi. Dengan aplikasi seperti FaceTime dan Zoom, Anda akan memiliki akses ke kemampuan pratinjaunya presenter baru yang memungkinkan Anda melihat apa yang akan Anda bagikan sebelum benar-benar membagikannya. Sementara itu, fitur latar belakang bawaan memungkinkan Anda menerapkan wallpaper sistem, gradien warna, atau foto Anda sendiri sebagai latar belakang untuk panggilan video. Apple mengatakan fitur ini akan tersedia di FaceTime dan aplikasi pihak ketiga seperti Webex.

Aplikasi Kata Sandi Baru

Foto: Apple

Jika Anda tidak pernah menyukai Keychain, sekarang Anda memiliki pilihan yang lebih baik: macOS Sequoia dilengkapi dengan aplikasi Kata Sandi baru yang memungkinkan Anda mengakses semua kata sandi Anda (termasuk kata sandi Wi-Fi), kunci lewat, dan kode verifikasi dalam satu tempat. Ini menjaga semua perangkat Apple Anda tetap selaras, berjalan di mesin Windows (menggunakan aplikasi iCloud untuk Windows) juga, dan mendukung enkripsi ujung ke ujung.

MEMBACA  Harga Emas Mencapai Tertinggi Baru Saat Investor Mencari Perlindungan Terhadap Inflasi yang Bertahan

Lebih Banyak dengan Pesan

Foto: Apple

Beberapa fitur Pesan baru akan datang ke macOS Sequoia—dan secara tidak langsung, ke iOS 18 dan iPadOS 18 juga. Anda akan dapat memformat teks Anda dalam Pesan menggunakan gaya cetak tebal, miring, garis bawah, dan coret. Anda juga akan memiliki kemampuan untuk menambahkan efek animasi ke kata tertentu dalam teks. Untuk beberapa frasa dan kata, Anda juga akan melihat saran muncul saat Anda mengetik. Apple menambahkan Tapbacks baru juga—daripada menggunakan hati tradisional, jempol ke atas, jempol ke bawah, tanda tanya, atau tanda seru, Anda juga akan melihat opsi untuk menggunakan emoji dan stiker. Fitur baru yang menonjol lainnya adalah opsi untuk menjadwalkan pesan Anda di masa depan sehingga mereka akan dikirim nanti.

Fitur Apple Intelijen

Foto: Apple

Selain fitur di atas, perusahaan juga mengumumkan kemampuan kecerdasan buatan baru yang didukung oleh Apple Intelijen—sistem “kecerdasan pribadi”nya yang terintegrasi ke dalam MacOS Sequoia, serta iOS 18 dan iPadOS 18.