Permainan Xbox 360 Terbaik yang Harus Dapatkan Sebelum Menghilang Selamanya

Meskipun sudah mendekati usia 19 tahun, Xbox 360 tidak terasa tua. Kamu masih bisa menyambungkan konsol terpanjang milik Microsoft ke TV, disambut dengan Gamerscoremu yang sudah lama tak terurus, dan menemukan semua judul yang pernah kamu unduh seperti harta karun yang terpendam. Tapi dalam waktu kurang dari tiga minggu, Microsoft berencana untuk mengubur toko Xbox 360 lamanya tanpa penghormatan. Ketika itu terjadi, tidak akan ada cara resmi untuk mengakses game-game ini kecuali kamu mengunduhnya sekarang juga.

Microsoft menyatakan bahwa mereka berencana menutup Xbox 360 Store pada 29 Juli, jadi semua judul yang tidak tersedia di platform lain sudah benar-benar mati. Oh, game-game lama dan DLC yang pernah kamu beli sebelumnya masih akan berfungsi. Ini hanya berarti bahwa di akhir bulan ini, kamu tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk membeli game baru lagi. Ini adalah kabar buruk bagi para penggiat pelestarian game yang tahun lalu menunjukkan bahwa 90% game dari beberapa dekade terakhir tidak lagi tersedia secara komersial.

Masih ada waktu untuk mengunduh beberapa game-game ini, tapi setelah toko ditutup, kamu tidak akan mendapatkan kesempatan lain tanpa emulator. Tahun lalu, Video Games Chronicle mencatat bahwa 220 game digital tidak memiliki kemampuan kompatibilitas mundur dengan Xbox One dan tidak memiliki salinan fisik. Ini sebagian besar adalah judul-judul Xbox Arcade dari masa Microsoft mempromosikan pengembang indie pada konsol utamanya. Beberapa di antaranya juga menerima versi yang diperbarui yang tersedia di konsol-konsol terbaru. Ada sekitar 50 game yang hanya tersedia melalui toko 360, yang akan hilang karena tidak ada versi yang diperbarui yang dirilis, seperti yang dikumpulkan oleh blog DelistedGames (melalui HowtoGeek).

MEMBACA  Apakah kabel pengisi daya gantungan kunci 6-in-1 ini hanya trik atau murni jenius? Saya mencoba dan menemukan jawabannya

Judul-judul yang hanya dapat diunduh ini bukanlah sesuatu yang kebanyakan gamer nostalgic akan langsung kenali. Dua game South Park Xbox Arcade, termasuk sidescroller co-op Tenorman’s Revenge, akan menghilang dari dunia ini. Judul kecil lain dengan nama besar, Burnout Crash, akan lenyap dalam 20 hari.

Ketika Xbox ingin mempromosikan kontrol gerakan mereka dengan Xbox Kinect, mereka mempromosikan beberapa judul digital-only di tokonya. Dalam banyak hal, aksesori itu sudah maju pada masanya, tapi game-game tersebut akan lenyap. Ada Fruit Ninja Kinect dan Haunt. Kinect Fun Labs dan Kinect Sports Gems juga akan mati.

Apa Game yang Sulit Didapatkan Selain di Xbox 360?

Microsoft telah memindahkan sejumlah judul Xbox 360 ke Xbox Game Pass bagi mereka yang ingin diingatkan tentang bagaimana rasanya akhir tahun 2000-an. Dan namun, begitu banyak game lain yang belum melompat ke platform lain. Beberapa game sulit ditemukan masih dapat dimainkan dari Xbox One, tapi akhir dari 360 Store membatasi jangkauan mereka. Capcom menghapus judul 2010 Dark Void dari Steam, dan sekarang kamu hanya bisa mendapatkannya dalam bentuk disc atau melalui Xbox. Versi remastered dari Metal Gear Solid Peace Walker masih tersedia di toko Xbox 360 untuk saat ini, dan ini mungkin salah satu cara di luar emulator untuk memainkan klasik PSP.

Mencari melalui katalog membuat saya teringat betapa hebohnya era Xbox 360. Kamu bisa mendapatkan Call of Juarez Bound in Blood di PC, tapi itu salah satu game yang berpusat pada dua desersi Konfederasi selama Perang Saudara yang kembali ke rumah keluarga mereka saat itu sedang dirampok oleh pasukan Union. Kamu bisa memainkannya di PC, tapi mode multipemainnya sudah tidak aktif sejak 2016.

MEMBACA  Fortnite Bab 5: Musim 2 Menghadirkan Dewa-dewa Yunani ke Pertempuran Royale

Game tentara buddy 2008 Army of Two tidak pernah lepas dari Xbox 360 atau PlayStation 3. Jika kamu mencari pengingat, cerita game dimulai dengan 9/11, dan tiba-tiba kamu dan seorang teman sedang membunuh orang di Afghanistan sebagai kontraktor militer swasta. Memang waktu yang berbeda. Game itu memang ada di Game Pass, tapi dua sekuelnya, The 40th Day dan The Devil’s Cartel, hanya tersedia dalam bentuk disc di Xbox 360 atau PS3. Judul 2009 The Chronicles of Riddick: Assault on Dark Athena mengalami nasib serupa sulit ditemukan karena masalah lisensi.

Selain itu, mulai 29 Juli, pemain Xbox 360 tidak akan lagi memiliki akses ke aplikasi Movies and TV, yang berarti konten apa pun yang kamu beli di konsolmu yang sudah tua itu tidak akan lagi berfungsi. Ini adalah lonceng peringatan lain yang seharusnya mengingatkan orang bahwa kamu tidak memiliki apapun yang kamu beli secara digital. Nintendo menutup eShop Wii U dan 3DS mereka tahun ini. Demikian pula pergi banyak game, demo, dan lainnya yang dulu sentral untuk pengalaman dari konsol-konsol tersebut.