Mulai Merindukan Momen-Momen Domestik Doctor Who

Musim terbaru Doctor Who sedang menuju akhirnya, dan menuju hal-hal adalah sesuatu yang Dokter ke-15 dan Ruby telah lakukan banyak dalam petualangan debut mereka bersama. Lebih sering daripada tidak, kami bergabung dengan mereka tepat saat mereka melompat keluar dari TARDIS dan memulai petualangan mereka berikutnya melintasi waktu dan ruang… dan itu membuat saya menyadari betapa pentingnya Doctor Who memiliki pemeriksaan basis rumahnya.

Apakah Peter Capaldi Akan Kembali ke Doctor Who?

Adegan yang berlangsung di TARDIS sebagai pembatas untuk petualangan telah lama menjadi bagian dari Doctor Who, tentu saja—berbagai versi ruang konsol telah menjadi konstan dalam seri yang ditandai oleh kemampuannya untuk berada di mana saja, kapan saja, melakukan apa pun, dari satu minggu ke minggu berikutnya. Mereka adalah momen di mana kami benar-benar bisa melihat Dokter dan teman-temannya hidup sebagai, dengan, teman: sekilas tentang bagaimana kehidupan mereka sebenarnya di antara petualangan, kesempatan bagi mereka untuk sekadar berbicara dan saling mengenal, sentuhan kepribadian yang menjadi titik pijakan untuk kontras dengan petualangan liar yang kita lihat mereka lakukan. TARDIS adalah rumah di luar rumah bagi Time Lord dan sahabatnya dan seperti, dan itu tercermin bukan hanya dalam bagaimana ruang konsol telah berkembang dalam hal desain dalam 60 tahun terakhir, tetapi juga sentuhan pribadi yang berkembang untuk menyemarakkan set—dari rak pakaian hingga tumpukan buku, dari penyedia biskuit, hingga bahkan hal-hal kecil di kursi.

Kamar konsol saat ini, dibandingkan dengan itu, sangat besar dan sederhana. Desain klinisnya menarik—lampu terangnya kontras yang bagus dengan kilau gelap ruang konsol kristal Jodie Whittaker—dan cakupannya tidak seperti yang pernah Doctor Who mampu beli sebelumnya, sebuah set besar kedalaman dan tinggi dan lebar yang dapat Anda miliki aktor benar-benar berlari-lari. Dan seberapa sederhananya, setidaknya Dokter ke-15 menambahkan satu sentuhan kecil kepribadian padanya, diwarisi dari pendahulunya yang singkat, dalam bentuk jukebox. Masalahnya, bagaimanapun, bukanlah bahwa set itu begitu besar dan polos sehingga bahkan tembakan warna dari jukebox tidak cukup membuatnya terasa sedikit lebih ditempati dan nyaman. Ini karena kita hampir sama sekali tidak benar-benar melihatnya sama sekali dalam musim saat ini, tidak pernah memberinya kesempatan untuk mengembangkan perasaan tinggal di dalam yang disebutkan sebelumnya—karena dalam prosesnya, kita hanya mendapatkan sedikit adegan Dokter dan Ruby menghabiskan waktu bersama dan hidup di antara peristiwa-peristiwa cerita mereka.

MEMBACA  Uji coba Threads mulai menguji feed mirip TweetDeck dengan postingan real-time

Bukan berarti mereka tidak bisa menghabiskan waktu selama petualangan, tentu saja, tetapi naratifnya akan fokus pada petualangan itu daripada pada fakta bahwa Dokter dan Ruby hanya berdampingan dan saling mengenal lebih banyak. Tanpa momen-momen itu di basis rumah, kesempatan bagi mereka untuk melepaskan ketegangan ketika mereka tidak terancam oleh Alien Burung larping, makhluk musikus penipu, atau ancaman kapitalisme medan perang, akhirnya terasa seperti—bahkan tujuh cerita ke dalam masa jabatan mereka—kita sebenarnya tidak benar-benar mengenal versi Dokter ini, atau Ruby, begitu banyak. Kita hanya mendapatkan informasi kecil di sana-sini, fakta dan sifat umum daripada sesuatu yang benar-benar khas yang membuat mereka Dokter ini, atau membuat Ruby menonjol dari semua sahabat sebelumnya. Dan itu pada gilirannya membuat momen-momen ketika pertunjukan harus memasuki dramanya berada dalam bahaya—bahwa sahabat terbaik ini bisa terpisah atau berada dalam bahaya—tidak begitu terasa, karena kita diberitahu, sebagai bintang pertunjukan (dan bahkan dengan kimia superlatif Ncuti Gatwa dan Millie Gibson bersama) bahwa mereka adalah teman, daripada benar-benar melihat hubungan mereka berkembang dalam momen-momen di antara cerita ini. Terutama sulit ketika musim ini juga hanya delapan episode, artinya waktu untuk mengembangkan koneksi antara Dokter dan Ruby semakin terbatas.

Terutama aneh mengingat sebagian besar musim ini ditulis oleh showrunner kembali Russell T Davies, yang benar-benar membangun pada jenis kehidupan rumah tangga yang selalu ada dalam Doctor Who dan membawanya lebih jauh ketika pertunjukan kembali di bawah visinya pada tahun 2005. Kita tidak hanya bisa melihat kehidupan Rose di antara petualangan di TARDIS, tetapi juga di luar itu juga—keluarganya, dorongan dan tarik menarik dari apa artinya bagi dia untuk diseret dari kehidupannya dalam petualangan ini, dan bagaimana itu mempengaruhi orang-orang di sekitarnya, dan apa yang berubah ketika kehidupan itu semakin bergabung semakin lama dia mengenal Dokter. Itu sama untuk Martha dan Donna, dan semua sahabat yang datang setelah Davies meninggalkan jabatan showrunner pertama kalinya—dan lagi, ketika Dokter ke-14 bersatu kembali dengan Donna dalam spesial ulang tahun tahun lalu. Dibandingkan dengan itu, ibu angkat dan nenek Ruby telah membuat penampilan singkat sejak pengenalan mereka, tentu saja, tetapi tidak hanya mereka singkat, mereka lebih langsung dijalin ke dalam narasi episode—bagaimana “73 Yards” mendorong horor supranaturalnya ke dalam taruhan pribadi untuk Ruby dengan menciptakan perpecahan antara dia dan ibunya, atau “Rogue” melintas kembali ke percakapan antara Dokter dan Carla di mana dia berjanji untuk melindungi Ruby dari bahaya. Mereka adalah momen yang tidak ada hanya untuk mengembangkan kehidupan luar Ruby atau hubungannya dengan Dokter, dan lebih untuk hanya melayani plot yang lebih besar minggu itu.

MEMBACA  Dokumenter Jim Henson dari Sutradara Ron Howard Sudah Membuat Kami Menangis

Ya, Doctor Who adalah pertunjukan yang selalu tentang berlari ke depan—dari satu petualangan ke petualangan berikutnya, dari satu waktu dan tempat ke tempat lain, naik dan turun koridor menjauh dari monster dan ledakan dan teror—tetapi hal-hal itu menjadi lebih berdampak karena saat-saat ketika seri itu berhenti berlari sebentar, dan membiarkan karakter-karakternya bernapas dan hanya ada.

Ingin lebih berita io9? Lihat kapan untuk mengharapkan rilis Marvel, Star Wars, dan Star Trek terbaru, apa yang akan terjadi selanjutnya untuk DC Universe di film dan TV, dan segala hal yang perlu Anda ketahui tentang masa depan Doctor Who.