Lupakan Pixel 8a: OnePlus 12R dengan harga $400 bisa jadi ponsel Android terbaik dengan nilai terbaik tahun ini.

Matthew Miller/ZDNET

Kesimpulan utama ZDNET

OnePlus 12R telah tersedia dengan harga mulai $499,99, dan OnePlus akan memberikan diskon sebesar $100 ketika Anda menukarkan ponsel apa pun dalam kondisi apa pun.

Harga terjangkau, kualitas dan bahan bangunan yang sangat baik, daya tahan baterai yang lama, layar yang brilian, dan pengisian daya yang sangat cepat membuat ponsel ini menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang.

Beberapa kekurangan yang mencolok termasuk pengisian daya nirkabel, prosesor Qualcomm terbaru, dan kamera telefoto yang khusus.

Selama bertahun-tahun, para pembuat ponsel pintar telah mengajarkan kita untuk menerima bahwa ponsel flagship harus menghabiskan uang sebesar $1.000 atau lebih. Namun, satu perusahaan telah tetap konsisten dengan model harga yang berbasis nilai: OnePlus. Bahkan, ponsel pertamanya, OnePlus One, bahkan dijuluki sebagai “pembunuh flagship.”

Dengan diluncurkannya OnePlus 12R di Amerika Utara, perusahaan ini akhirnya membawa lini ponsel pintar paling suksesnya dari India ke AS, dan ini tampaknya menjadi salah satu ponsel kelas menengah yang paling menjanjikan tahun ini.

Juga: 3 alasan mengapa saya tertarik dengan OnePlus 12 (dan 1 alasan menyesal bagi pembeli)

Untuk merilis ponsel yang memiliki tampilan serupa dengan versi yang harganya $800 tetapi dijual dengan harga $300 lebih murah, OnePlus harus membuat beberapa kompromi. Setelah menggunakan OnePlus 12R selama sebulan, saya yakin bahwa kompromi yang tepat telah dilakukan sementara kebutuhan utama tetap terpenuhi.

Mari kita pertama-tama melihat apa yang telah diwariskan dari OnePlus 12 ke OnePlus 12R. Kebanyakan dari kita menghabiskan berjam-jam setiap hari menatap ponsel pintar kita, jadi kualitasnya adalah salah satu bagian yang paling penting. Dengan OnePlus 12R, model ini memiliki layar ProXDR, LTPO 4.0 yang sama dengan kemampuan refresh rate mulai dari 1Hz hingga 120Hz. Layar ini memiliki kecerahan puncak 4.500 nits dan kecerahan maksimum global 1.600 nits, membuatnya lebih terang daripada ponsel Samsung Galaxy S24 termahal saat ini.

MEMBACA  Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2024 dan Persyaratan Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

Juga: Earbuds OnePlus seharga $99 terlihat dan terdengar luar biasa, tetapi ada satu kekurangan besar

Layar ini juga mendukung teknologi Rain Touch milik OnePlus, sehingga dapat digunakan baik saat layar maupun jari Anda basah, yang penting bagi orang-orang seperti saya yang tinggal di daerah yang sering mendung dan berkabut. iPhone saya sering kali memiliki aktivasi layar palsu saat hujan, jadi menggunakan OnePlus 12R dan mengandalkan ponsel hanya bereaksi terhadap ketukan dan gesekan yang disengaja merupakan sebuah kebahagiaan.

Kecepatan juga penting dalam sebuah ponsel pintar, dan RAM LPDDR5X level tertinggi dan standar penyimpanan internal UFS 4.0 yang sama dengan flagship OnePlus 12 juga terdapat di OnePlus 12R. Ini adalah hal yang sangat penting untuk kemampuan multitasking yang cepat dan efisien.

Pengisian daya cepat juga merupakan ciri khas dari OnePlus, dan berbeda dengan yang lain, OnePlus menyertakan adaptor pengisian cepat dalam kotak penjualan. Pengisian SuperVOOC 80W didukung pada kedua ponsel, yang merupakan yang tercepat yang pernah saya lihat pada ponsel di AS. OnePlus 12R juga memiliki baterai yang sedikit lebih besar, yaitu 5.500mAh dibandingkan dengan 12, meskipun Anda mungkin tidak melihat perbedaan yang signifikan dalam daya tahan baterai karena perbedaan prosesor dan tingkat efisiensi. Artinya, kedua ponsel ini memberikan daya tahan yang luar biasa untuk penggunaan sepanjang hari.

Jadi, bagaimana dengan kompromi-kompromi tersebut? Mereka termasuk penggunaan platform Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 Mobile yang generasi sebelumnya, RAM yang sedikit lebih rendah dalam model dasar, tidak ada dukungan untuk pengisian daya nirkabel, dan kamera yang kurang canggih tanpa lensa telefoto. Kebanyakan dari ini kemungkinan tidak akan berdampak besar pada sebagian besar konsumen, tetapi jika Anda membutuhkan pengalaman kamera terbaik yang ditawarkan OnePlus, termasuk optimasi Hasselblad, maka OnePlus 12 mungkin lebih cocok untuk Anda.

MEMBACA  Topeng Blue Spirit Zuko disembunyikan di episode 3 dari 'Avatar: The Last Airbender' di Netflix.

Juga: OnePlus 12R seharga $399 mungkin menjadi ponsel murah terbaik yang bisa Anda beli pada tahun 2024

Dalam membandingkan foto-foto yang diambil dengan OnePlus 12R, OnePlus Open, iPhone 15 Pro Max, dan Samsung Galaxy S24 Ultra, saya melihat sedikit perbedaan dalam kebanyakan kondisi pencahayaan. Namun, saya sering mengambil foto untuk media sosial dan berbagi dengan keluarga dan teman, jadi definisi saya tentang gambar terbaik mungkin berbeda dengan Anda. Dalam beberapa kasus, saya bahkan lebih menyukai beberapa foto yang diambil oleh OnePlus 12R, seperti foto potret, dan saya rasa Anda tidak akan kecewa dengan sistem kamera seharga $500 (atau $400 dengan menukarkan ponsel lama – lebih baik).

Matthew Miller/ZDNET

Sebelumnya, telepon terjangkau dalam kisaran harga di bawah $450 umumnya melakukan banyak kompromi ketika datang ke kamera, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk OnePlus 12R. Ketika Anda menggabungkan semua spesifikasi level flagship dan kinerjanya, sulit untuk tidak mempertimbangkan OnePlus 12R sebagai ponsel utama Anda dengan harga yang lebih murah daripada ponsel flagship kompetitornya.

Juga: 3 alasan mengapa saya meninggalkan Samsung Galaxy melipat untuk OnePlus Open

OnePlus 12R terutama bersaing dengan ponsel seperti Google Pixel 7a dan Samsung Galaxy A54 5G. Google Tensor masih memiliki kekurangan ketika datang ke kehandalan dan penerimaan sinyal seluler, sementara fitur tambahan perangkat lunak Samsung dapat terasa terlalu banyak bagi beberapa orang. OnePlus menawarkan pengalaman Android yang hampir murni dengan kinerja seluler 5G yang terbukti, menurut pengalaman saya.

Saran pembelian ZDNET

Terakhir, meskipun model Cool Blue OnePlus 12R yang saya uji coba memiliki tampilan yang menarik, kaca belakangnya sangat licin, jadi Anda harus berhati-hati saat menggunakannya atau meletakkannya di atas meja. Saya menggunakan perangkat peninjauan ini selama sebulan dan dengan mudah bisa menggunakan ponsel ini setiap hari karena kinerjanya yang sempurna, memiliki rating tahan debu/air IP64 dan teknologi layar basah sehingga bisa saya gunakan di Washington yang sering hujan, memiliki penyimpanan dan RAM yang cukup, menghasilkan foto dan video yang sesuai dengan keinginan saya, dan memiliki layar yang sangat terang. Saya bukan penggemar tepi kaca yang melengkung, tetapi ada begitu banyak hal yang disukai di sini, dan harga awalnya hanya $400 dengan menukarkan ponsel lama seharga $100 sangat sulit untuk dikalahkan.

MEMBACA  Melihat ke masa depan fiksi ilmiah melalui laptop transparan LenovoMenatap ke dalam masa depan fiksi ilmiah melalui laptop transparan Lenovo