Lihat Hari Rover di Mars dalam 10 Detik

Pada tanggal 8 November 2023, apa yang sedang Anda lakukan? Saya tidak bisa menjawab untuk diri saya sendiri, tetapi saya bisa memberitahu Anda apa yang dilakukan oleh rover Curiosity milik NASA: diam-diam duduk di Mars selama 4.002 hari, mengambil foto permukaan Mars.

Mari Makan Controller Xbox Cokelat

Sekarang, anggota tim misi di Jet Propulsion Laboratory telah menyatukan dua rangkaian gambar dari Hazcam depan dan belakang rover untuk membuat video unik yang menangkap perjalanan waktu di Planet Merah.

Hazcam, singkatan dari Hazard-Avoidance Cameras, digunakan oleh pengemudi rover untuk menghindari medan Martian yang sulit, yang ditutupi dengan batu, lereng, dan rintangan lainnya. Namun, operasi rover dibatalkan tepat sebelum konjungsi matahari Mars, ketika aktivitas matahari dapat mengganggu komunikasi radio antara Bumi dan rover.

Selama jendela waktu antara penangguhan operasi rover dan konjungsi, tim Curiosity merekam 12 jam gambar pada kedua Hazcam. Video berisi 25 frame ini mencatat pemandangan Gale Crater Mars antara pukul 05.30 pagi hingga 05.30 sore waktu setempat pada tanggal 8 November 2023.

Pandangan Hazcam depan menghadap Gediz Vallis, sebuah lembah di Gunung Sharp setinggi 18.000 kaki. Gambar Hazcam belakang menghadap ke lantai Gale Crater dari lereng Gunung Sharp yang menjulang dari kawah seluas 96 mil. Curiosity telah mengambil sejumlah gambar indah dari lereng gunung ini, serta formasi batu yang menarik.

Pandangan 12 Jam Curiosity tentang Mars (Hazcam Belakang)

Kemudian, waktu eksposur kamera lebih dari satu menit, yang menyebabkan noise di gambar yang terlihat seperti salju. (Kami jamin, tidak sedang salju di Mars.) Sekitar delapan detik setelah tampilan Hazcam Belakang, sebuah partikel sinar kosmik mengenai sensor kamera, menyebabkan bercak hitam pada gambar.

MEMBACA  Pertandingan langsung Denmark vs. Serbia 2024: Nonton Euro 2024 secara gratis

Artefak visual lainnya mungkin disebabkan oleh debu Mars yang menempel di lensa kamera selama 11 tahun Curiosity berada di planet ini. Meskipun pandangan Hazcam mengambil gambar Mars dalam hitam-putih, NASA juga mempublikasikan banyak gambar berwarna yang diambil oleh Curiosity.

Curiosity terus melangkah di permukaan Mars berkat kerja keras insinyur NASA. Awal tahun ini, rover ini mendapat pembaruan perangkat lunak yang signifikan pertama sejak 2016, yang diharapkan dapat meningkatkan kecepatan berkendara dan mengurangi keausan pada roda-roda, sehingga misi ini dapat berlanjut selama bertahun-tahun mendatang.

Lebih lanjut: Jelajahi Mars dalam Tur Video Panorama dengan Rover Curiosity