Gerhana Matahari Total Hampir Tiba: Bagaimana dan Kapan Melihatnya

Gerhana Matahari Total Amerika Serikat hampir tiba. Pada 8 April, gerhana matahari total terakhir di Amerika Utara hingga tahun 2044 akan terlihat selama beberapa menit, jadi siapkan rencana Anda sekarang.

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan melintasi antara Bumi dan matahari, memblokir matahari dan mengubah hari yang seharusnya cerah menjadi gelap untuk jangka waktu yang singkat. Tergantung pada sudut pandang Anda saat melihat gerhana, Anda mungkin melihat matahari sepenuhnya terhalang oleh bulan (yang disebut totalitas) atau beberapa variasi lainnya. Semakin jauh Anda dari sudut pandang yang benar dan semakin jauh Anda dari jalur gerhana, semakin kecil kemungkinan Anda melihat totalitas.

Gerhana matahari total 2024 akan terjadi pada hari Senin, 8 April. Gerhana akan mencapai pantai Pasifik Meksiko pukul 11:07 a.m. PT (2:07 p.m. ET), dan kemudian melintasi AS ke arah timur laut dari Texas hingga Maine dan ke timur Kanada terjauh. Jika Anda ingin melihatnya dengan jelas, tetapi tidak tinggal di jalur totalitas, Anda sebaiknya tidak menunggu terlalu lama untuk memesan akomodasi dan bepergian ke lokasi di jalur tersebut.

Atau bagaimana dengan memesan tempat di langit? Delta Airlines membuat berita dengan menawarkan dua penerbangan yang memungkinkan Anda melihat seluruh jalur totalitas. Penerbangan gerhana pertamanya, dari Austin, Texas, ke Detroit terjual habis dengan cepat, dengan Delta menawarkan yang kedua dari Dallas ke Detroit yang masih memiliki kursi tersedia. Delta juga memiliki lima penerbangan lain yang akan (kebetulan) menawarkan pandangan gerhana yang optimal.

Tidak semua orang bisa naik salah satu dari penerbangan melihat gerhana yang sulit ditemukan itu. Berikut adalah beberapa opsi lain untuk memiliki kesempatan melihat pemandangan langka ini dan apa yang perlu diketahui tentang Gerhana Matahari Total Amerika Serikat.

Jalur gerhana matahari total akan melintasi pantai Pasifik Meksiko dan menuju timur laut ke daratan Meksiko. Gerhana kemudian akan melintasi San Antonio sekitar pukul 2:30 p.m. ET pada 8 April dan bergerak melalui Texas, bagian tenggara Oklahoma, dan utara Arkansas pada pukul 2:50 p.m. ET.

MEMBACA  Ekonomi Penuaan dan Pensiun Tenaga Kerja

Pada pukul 3 p.m. ET, gerhana akan berada di selatan Illinois, dan hanya 5 menit kemudian, akan melintasi Indianapolis. Orang-orang di barat laut Ohio akan disuguhi gerhana pada pukul 3:15 p.m. ET, dan gerhana kemudian akan melintasi Danau Erie dan Buffalo, New York, pada pukul 3:20 p.m. ET. Selama 10 menit berikutnya, gerhana akan terlihat di bagian utara negara bagian New York, kemudian di Vermont. Pada pukul 3:35 p.m. ET, gerhana akan bergerak ke Kanada dan menjauh dari pantai Timur Amerika Utara.

Peta NASA menunjukkan pita beruntung di AS yang akan terlihat dari gerhana matahari total pada 8 April ini.

Saat mengevaluasi tempat terbaik untuk menonton gerhana total tahun ini, Anda pertama-tama ingin menentukan di mana Anda akan memiliki sudut terbaik untuk melihat totalitas. Semakin jauh Anda dari sudut pandang yang benar – dengan kata lain, semakin jauh ke utara atau selatan dari jalur gerhana – semakin kecil dampak yang dapat Anda harapkan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki kesempatan terbaik untuk mengalami gerhana, Anda ingin berada di jalurnya. Pada saat ini, sebagian besar kota di jalur gerhana memiliki ketersediaan hotel.

Dan penerbangan Delta untuk melihat gerhana dari Dallas ke Detroit (DL1010, yang berangkat dari Dallas pukul 12:10 p.m. waktu setempat) masih memiliki beberapa kursi tersisa. Lainnya lima penerbangan reguler Delta yang akan memiliki potensi melihat gerhana juga masih memiliki kursi tersisa. Hanya jangan lupa membawa kacamata gerhana. Penerbangan tersebut adalah:

DL 5699, DTW-HPN, berangkat pukul 2:59 p.m. ET
DL 924, LAX-DFW, berangkat pukul 8:40 a.m. PT
DL 2869, LAX-SAT, berangkat pukul 9:00 a.m. PT
DL 1001, SLC-SAT, berangkat pukul 10:08 a.m. MT
DL 1683, SLC-AUS, berangkat pukul 9:55 a.m. MT

MEMBACA  Mobil otonom dan generasi suara dan gambar AI memimpin Indeks Inovasi ZDNET

Jika Anda tidak bisa bepergian, di mana Anda dapat menonton siaran langsung gerhana

NASA akan mengadakan siaran langsung selama 3 jam dari gerhana dimulai pukul 1 p.m. ET, dengan komentar dari para ahli NASA, astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan melihat pesta di seluruh negeri. Ini akan menampilkan pemandangan dari lokasi di jalur totalitas, termasuk Dallas dan Kerrville, Texas; Russellville, Arkansas; Pusat Riset Glenn NASA di Ohio; Indianapolis; Carbondale, Illinois; Niagara Falls, New York; dan Houlton, Maine.

Anda dapat menonton siaran langsung di layanan streaming NASA Plus, NASA TV, atau di situs web NASA. Nasdaq juga akan membawa liputan sebagian dari siaran NASA TV dan akan menyiarkan langsung di layar mereka di Times Square.

Keamanan mata dan fotografi gerhana

Seperti halnya dengan setiap gerhana matahari, sangat penting untuk tetap memperhatikan keamanan mata Anda.

Selama gerhana, dan terutama selama periode sebelum dan setelah totalitas, jilar langsung ke matahari tanpa perlindungan mata khusus. Selain itu, pastikan tidak melihat matahari melalui kamera (termasuk kamera di ponsel Anda), teropong, teleskop, atau perangkat penampilan lainnya. Hal ini dapat menyebabkan cedera mata serius. Kacamata hitam tidak cukup untuk melindungi mata Anda dari kerusakan.

Jika Anda ingin melihat gerhana, Anda sebaiknya menggunakan kacamata matahari yang sesuai dengan standar keamanan ISO 12312-2. Segala sesuatu yang tidak memenuhi standar tersebut atau lebih tinggi tidak akan cukup gelap untuk melindungi mata Anda. Ingin mendapatkannya secara gratis? Jika Anda memiliki toko kacamata Warby Parker di dekat Anda, perusahaan ini akan memberikan kacamata gerhana matahari ISO-sertifikasi gratis di semua tokonya mulai dari 1 April hingga gerhana, selama persediaan masih ada.

Jika Anda tidak memiliki kacamata matahari gerhana tersedia, Anda bisa menggunakan metode tidak langsung untuk melihat gerhana, seperti proyektor lubang jarum.

MEMBACA  Miliarder Teknologi Berusaha Meredakan Ketakutan Terhadap Pengambilalihan Hawaii dengan Mendonasikan $150 Juta ke Rumah Sakit

Dalam hal Anda ingin mengambil gambar gerhana, pasang filter surya bersertifikat ke kamera Anda. Melakukannya akan melindungi mata Anda dan memungkinkan Anda mengambil foto saat Anda melihat gerhana melalui lensa Anda.

Ada juga aplikasi baru yang dapat membantu melindungi mata Anda dan mengambil foto yang lebih baik dari gerhana di ponsel Anda. Solar Snap, dirancang oleh seorang astronom mantan Teleskop Luar Angkasa Hubble, dilengkapi dengan filter kamera Solar Snap yang melekat pada bagian belakang iPhone atau ponsel Android, bersama dengan kacamata gerhana matahari untuk melindungi penglihatan Anda selama acara tersebut. Setelah Anda memasang filter ke ponsel Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Solar Snap Eclipse gratis untuk memperbesar gerhana, menyesuaikan paparan dan pengaturan kamera lainnya, dan pada akhirnya mengambil gambar yang lebih baik dari gerhana.

Gerhana 2024 dibandingkan dengan 2017

Gerhana matahari total terakhir terjadi pada tahun 2017, dan banyak orang Amerika memiliki pemandangan yang bagus. Meskipun ada banyak kesamaan antara gerhana matahari total 2017 dan yang akan datang pada 8 April, ada beberapa perbedaan. Terutama, gerhana 2024 akan meliputi lebih banyak tanah dan berlangsung lebih lama.

Gerhana 2017 dimulai di barat laut AS dan bergerak ke tenggara. Selain itu, jalur gerhana tersebut lebar hingga 71 mil, dibandingkan dengan lebar maksimum 122 mil untuk gerhana tahun ini. Mungkin yang paling penting, bulan sepenuhnya menutupi matahari hanya selama 2 menit, 40 detik pada 2017. Tahun ini, totalitas maksimum akan berlangsung hampir empat setengah menit.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Gerhana Matahari Total Amerika Serikat, lihat liputan CNET tentang perlindungan mata ahli dan tips penonton, di mana mendapatkan kacamata gerhana matahari gratis, cara mengetahui apakah kacamata gerhana Anda aman atau palsu, dan apakah panel surya Anda akan terpengaruh oleh gerhana matahari total.