Gajah Laut Jantan Menyelamatkan Anak Anjing yang Tenggelam dalam Tindakan Heroisme Jarang Terjadi antara Spesies yang Sama

Selama musim kawin, anjing laut jantan biasanya hanya memikirkan satu hal. Selama sekitar tiga bulan, anjing laut menghemat semua energinya untuk kawin, atau setidaknya mencoba, dengan betina yang berada di pantai. Namun tidak semua pahlawan memakai jubah; beberapa dari mereka memakai 2 ton lemak dan rela mengorbankan energi berharga untuk menyelamatkan anak anjing laut yang tenggelam, tanpa mencoba mendekati induknya.

Samsung Galaxy S24 Ultra: 3 Hal yang Kami Suka dan Benci

Sebuah kelompok ahli biologi kehidupan liar di National Park Service menyaksikan tindakan altruisme langka oleh seekor anjing laut jantan saat mereka sedang melakukan survei di koloni di Point Reyes National Seashore di California. Dalam sebuah makalah yang baru saja diterbitkan di jurnal Marine Mammal Science, para penulis menggambarkan bagaimana mereka berjalan di sepanjang pantai pada hari yang cerah di bulan Januari 2022, ketika mereka melihat seekor anjing laut betina memanggil anak anjing laut berusia dua minggu yang telah ditarik ke dalam air oleh ombak dan berjuang untuk tetap mengapung. Seekor anjing laut jantan alfa di dekatnya bergegas ke tempat kejadian, melakukan interaksi singkat dengan betina sebelum memusatkan perhatiannya pada sumber panggilan daruratnya — anak anjing laut yang tenggelam.

Anjing laut jantan tersebut berlari melintasi pasir basah dan masuk ke dalam air, menggunakan kepala dan tubuhnya untuk dengan lembut mendorong anak anjing laut sambil berenang menuju pantai. Ketika air surut, raksasa lembut ini sekali lagi menggunakan tubuhnya untuk menghentikan anak anjing laut agar tidak terbawa arus ke laut, sesuai dengan laporan tersebut.

Photo: Matthew Lau

Akhirnya, induk dan anak anjing laut dipertemukan kembali dan penjaga pantai berlemak tersebut membutuhkan istirahat, berbaring di pasir basah setelah memastikan misinya sukses.

MEMBACA  Alternatif Dropbox ini hanya seharga $150 seumur hidup

Meskipun beberapa spesies kadang-kadang menunjukkan perilaku heroik, mamalia laut jantan tidak dikenal karena sifat pengorbanan diri mereka. Bahkan, mereka jarang terlibat dalam mengurus anak-anak mereka, dan justru semuanya tentang kawin.

Dari pertengahan Desember hingga akhir Maret, anjing laut gajah Utara berpuasa selama musim kawin, menggunakan energinya untuk kawin dengan betina atau melindungi harem mereka dari jantan lainnya. “Perilaku selanjutnya dari anjing laut jantan alfa yang mengejar anak anjing laut dan mendorongnya ke pantai, bisa diinterpretasikan sebagai perilaku seksual yang salah arah, di mana jantan dominan sering menggiring dan mengawal betina ke pantai untuk mencegah pelecehan oleh jantan lain,” tulis para peneliti di balik makalah tersebut. “Namun, kami berpendapat bahwa tindakan tersebut disengaja, di mana jantan tersebut mengalihkan perhatiannya dari betina yang sedang kesulitan ke anak anjing laut; terlihat melakukan tindakan yang disengaja, berlari keluar dari ombak pada jarak yang cukup jauh dari betina dan haremnya.”

Para peneliti juga mencatat bahwa setelah induk dan anak anjing laut dipertemukan kembali, anjing laut jantan tersebut tidak mencoba mendekatinya tetapi malah rebah di pantai setelah misi penyelamatan yang sukses. Seorang pahlawan sejati.