Elon Musk Membeli Twitter untuk Menyelesaikan Perselisihan Pelacak Jetnya, Klaim Buku Baru

Twitter adalah salah satu tempat favorit internet untuk perselisihan online dan Elon Musk bukan orang asing di dalamnya. Perselisihan tertentu yang melibatkan seorang mahasiswa yang melacak jet pribadinya menjadi pemicu miliarder itu membeli saham Twitter, memulai pengambilalihan platform media sosial tersebut, menurut buku baru tentang kisah tersebut.

Mr. Tweet Gagal dalam Tweet Super Bowl

“Musk juga telah mengajukan petisi kepada Agrawal [CEO Twitter pada saat itu] untuk menghapus akun Twitter yang melacak pesawat pribadinya,” kata kutipan dari Battle for the Bird, buku baru tentang pengambilalihan Musk, yang diterbitkan oleh Bloomberg pada hari Kamis. “Miliarder ini mulai membeli saham Twitter segera setelah Agrawal menolak permintaannya.”

Buku baru ini adalah investigasi rinci tentang perjuangan kekuasaan di Twitter, yang sekarang disebut X, dalam beberapa tahun terakhir. Buku ini tampaknya mengkonfirmasi bahwa keluhan pribadi Musk memainkan peran kunci dalam akuisisi platform media sosial senilai $44 miliar.

Musk menyanjung “kebebasan berbicara” sebagai alasan utama dia membeli Twitter, tetapi miliarder ini sedang berusaha untuk membungkam seorang mahasiswa yang dia pernah bertengkar dengannya sebelum menjadi CEO. Akun Twitter yang melacak jet pribadi Elon Musk, @elonjet, menjadi perhatian utama miliarder tersebut pada Januari 2022 ketika Musk mulai membeli saham dalam perusahaan, menurut cuitan dari penulis buku Kurt Wagner.

Hampir setahun kemudian, akuisisi Musk selesai dan dia akhirnya melarang @elonjet. Orang di balik akun tersebut, Jack Sweeney, adalah seorang mahasiswa yang sekarang terkenal karena melacak jet pribadi Musk dan Taylor Swift. Sweeney hanya memperkuat informasi penerbangan yang tersedia secara publik, tetapi selebriti membencinya.

Musk berjanji untuk tidak melarang akun Sweeney sebulan sebelum dia melakukannya, dengan mengutip “komitmennya terhadap kebebasan berbicara,” meskipun akun tersebut menimbulkan “risiko keselamatan pribadi langsung.” Sweeney sekarang mengoperasikan @elonjet di Threads.

MEMBACA  Samsung Galaxy S24 Menggunakan Lingkaran Google untuk Mencari Apapun di Layar Ponsel Anda

Perselisihan miliarder dengan Sweeney adalah studi kasus tentang faktor-faktor yang memotivasinya. Ya, kebebasan berbicara penting baginya, tetapi tidak sepenting mendapatkan keinginannya. Dengan membeli Twitter, Musk menjadi raja di dalam “lumpur” dan dia pasti telah menggunakan kontrol tersebut sejak setahun lalu.

Akuisisi Musk terhadap Twitter selalu membingungkan. Ini sering dianggap sebagai kesalahan langkah bagi miliarder tersebut, mengalihkan perhatiannya dari proyek-proyek lainnya di Tesla, SpaceX, dan xAI. Saat membeli Twitter, Musk sangat fokus pada mempromosikan pidato sayap kanan, yang kurang ada di bawah pengelolaan Jack Dorsey, tetapi juga dalam menyelesaikan perselisihannya di internet.