Dewan Direksi Disney Menahan ‘Investor Aktivis’ Nelson Peltz

Mickey Mouse dan Minnie Mouse hadir dalam perayaan pembukaan kembali Hotel Disneyland di Disneyland Paris pada tanggal 3 Februari 2024. Foto: Kristy Sparow (Getty Images)

Suasana di kantor pusat Disney mungkin terasa sedikit lebih ringan akhir-akhir ini, antara perdamaian terbaru Disney World dengan Gubernur Florida Ron DeSantis, dan berita hari ini bahwa para pemegang saham telah memilih menolak upaya investor miliarder “aktivis” Nelson Peltz untuk mendapatkan dua kursi di dewan perusahaan.

Episode 9 Finale She-Hulk: Attorney at Law Review

Seperti yang dijelaskan oleh io9 sebelumnya, situasi di balik layar yang mungkin tidak menarik bagi penggemar Disney rata-rata tiba-tiba menjadi lebih layak menjadi headline ketika Peltz memberikan wawancara kepada Financial Times di mana ia mengeluh tentang keberagaman dalam proyek-proyek Marvel Disney terbaru, termasuk The Marvels tahun lalu dan film hit Oscar Black Panther. “Mengapa saya harus memiliki Marvel [film] yang seluruhnya perempuan?” tanya pria berusia 81 tahun tersebut. “Bukan bahwa saya memiliki sesuatu terhadap perempuan, tapi mengapa saya harus melakukannya? Mengapa saya tidak bisa memiliki Marvel yang keduanya? Mengapa saya butuh pemeran seluruhnya hitam?” Sikap ini tidak hanya membuat penggemar merasa tidak nyaman, tetapi juga membuat pemegang saham Disney berpengaruh merasa tidak nyaman—termasuk pencipta Star Wars George Lucas, yang bersuara menentang perjuangan proksi Peltz.

Seperti yang dilaporkan Hollywood Reporter, pertemuan tahunan pemegang saham hari ini terbukti “menjadi kemenangan bagi Walt Disney Co. dan CEO Bob Iger” karena semua calon direktur perusahaan “telah terpilih oleh para pemegang saham, menolak investor aktivis Nelson Peltz, yang telah menjalankan kampanye yang mencolok untuk menempatkan dirinya dan mantan CFO Disney Jay Rasulo di dewan perusahaan.”

MEMBACA  Saham AS jatuh di tengah penjualan teknologi saat investor menilai data pekerjaan yang bervariasiSaham AS jatuh di tengah penjualan teknologi karena investor menilai data pekerjaan yang bervariasi

Sumber yang dikutip oleh industri membuat suara pemungutan suara tampaknya tidak begitu dekat, dengan hasil yang tegas mendukung Tim Iger. THR juga memiliki pernyataan dari Iger, yang siap untuk menjauhkan situasi Peltz dari pandangan belakang Disney sesegera mungkin: “Saya ingin berterima kasih kepada para pemegang saham kami atas kepercayaan dan keyakinan mereka kepada Dewan dan manajemen kami. Dengan kontes proksi yang mengganggu sekarang berada di belakang kita, kami bersemangat untuk fokus 100% perhatian kami pada prioritas terpenting kami: pertumbuhan dan penciptaan nilai bagi para pemegang saham kami dan keunggulan kreatif bagi konsumen kami.”

Ingin berita io9 lebih lanjut? Cek kapan mengharapkan rilis Marvel, Star Wars, dan Star Trek terbaru, apa yang akan terjadi selanjutnya untuk DC Universe di film dan TV, dan segala yang perlu Anda ketahui tentang masa depan Doctor Who.