Bagaimana melaporkan pesan Gmail sebagai spam untuk meningkatkan hidup Anda dan menjadikan Anda sebagai pahlawan.

SEAN GLADWELL/Getty Images

Saya telah menggunakan Gmail selama satu setengah dekade. Selama bertahun-tahun, saya telah melihat layanan ini berkembang dari pilihan email yang cukup dasar menjadi penawaran yang lebih luas. Pada saat yang sama, saya melihat peningkatan terus-menerus spam. Kita semua tahu apa itu spam dan tidak ada yang menikmati harus terus-menerus menyaring email yang tidak diinginkan itu untuk mencapai email yang ingin kita baca atau butuhkan.

Namun, begitu banyak orang hanya menghapus spam dari kotak masuk dan tidak memikirkan hal itu.

Menghapus spam tidak membantu mengurangi jumlah email yang melanggar aturan. Sebaliknya, yang perlu Anda lakukan adalah melaporkan email tersebut sebagai spam ke Google. Hanya membutuhkan satu atau dua detik untuk melakukannya dan ini memberikan manfaat tambahan dengan mengirim salinan email yang melanggar aturan ke Google, yang dapat menganalisanya untuk melindungi Anda dan pengguna lain dari spam serupa dan bahkan penyalahgunaan.

Lebih baik lagi, semakin banyak email yang Anda laporkan sebagai spam, semakin baik Gmail belajar preferensi Anda dan akan lebih mampu memblokir spam bahkan sebelum mencapai kotak masuk Anda.

Dalam kata lain, Anda mendapatkan manfaat dengan melaporkan email sebagai spam. Jadi, mengapa tidak lebih banyak orang melakukannya? Pertama, mungkin beberapa orang bahkan tidak tahu tentang fitur ini. Kedua, beberapa orang mungkin terlalu sibuk untuk mengambil langkah ekstra dalam melaporkan email.

Percayalah saat saya mengatakan bahwa itu layak dilakukan dalam beberapa detik tambahan. Sejak saya mulai melaporkan email sebagai spam, jumlah email sampah dan penyalahgunaan yang saya terima secara dramatis berkurang di akun Gmail saya.

Jadi, ya, itu sepadan.

MEMBACA  Hal yang Membatasi Pompa Panas

Juga: Apa itu phishing? Segala yang perlu Anda ketahui untuk melindungi diri dari penipu

Biarkan saya menunjukkan bagaimana melakukannya.

Cara melaporkan email sebagai spam di Gmail

Yang Anda butuhkan: Satu-satunya hal yang Anda butuhkan adalah akun Gmail yang valid dan baik browser (untuk aplikasi web) atau aplikasi seluler Gmail. Prosesnya sama untuk kedua browser dan aplikasi, jadi saya akan menunjukkannya pada versi browser. Tidak masalah browser apa yang Anda gunakan (asalkan mendukung Gmail – yang kebanyakan lakukan).

Ada dua metode melaporkan spam dengan Gmail. Yang pertama adalah per-email (yang saya gunakan). Alasan saya menggunakan metode ini adalah saya pernah salah menandai email sebagai spam saat menggunakan metode toolbar/multi-select. Karena itu, saya selalu ingin memastikan bahwa email yang saya laporkan adalah spam. Namun, beberapa orang lebih suka metode tombol spam yang lebih cepat karena lebih efisien (memungkinkan Anda melaporkan beberapa email sekaligus) dan tidak memerlukan Anda untuk membuka email yang ditanyakan.

Dengan demikian, biarkan saya menunjukkan metode yang saya gunakan pertama.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser web dan masuk ke akun Gmail Anda.

Selanjutnya, periksa kotak masuk Anda dan temukan setiap contoh spam yang dapat Anda temukan. Pastikan untuk memastikan email yang ditargetkan adalah spam dan bukan pesan dari seseorang yang perlu Anda dengar. Setelah menemukan email tersebut, klik email tersebut.

Dengan email terbuka, klik menu tiga titik di dekat pojok kanan atas jendela baca. Dari menu drop-down, klik Laporkan Spam.

Melaporkan email sebagai spam di Gmail sangatlah mudah.

Gmail kemudian akan munculkan jendela baru yang meminta Anda untuk memilih antara Melaporkan Spam atau Berhenti Berlangganan. Ini adalah pengecekan terakhir yang baik untuk memastikan Anda tidak melaporkan email berlangganan yang tidak bersalah sebagai spam. Jika itu adalah langganan, Anda dapat dengan mudah klik Berhenti Berlangganan dan Gmail akan menangani tugas tersebut untuk Anda. Jika itu adalah spam, klik Melaporkan Spam dan Anda selesai. Jika bukan langganan, Anda mungkin melihat tombol Pergi ke Situs Web bersama dengan tombol Melaporkan Spam. Dalam kedua kasus, itu adalah pengecekan terakhir yang baik.

MEMBACA  Sony Pictures Membeli Rantai Teater Terkasih Alamo Drafthouse

Pastikan untuk tidak melaporkan email berlangganan sebagai spam, karena itu dapat menyebabkan masalah bagi perusahaan yang mengirim email tersebut.

Juga: Google, Yahoo akan melawan spam dengan peraturan baru untuk email massal

Metode yang lebih cepat

Periksa kotak masuk Anda dan pilih email(s) apa pun yang Anda curigai sebagai spam. Setelah memilih email pertama, Anda akan dapat menggunakan alat multi-select dan memilih email apa pun melalui kotak centang.

Di toolbar Gmail, Anda akan menemukan ikon yang terlihat seperti tanda berhenti dengan tanda seru. Klik tombol tersebut dan jendela pop-up yang sama akan muncul, bertanya apakah Anda ingin melaporkan atau berhenti berlangganan. Jika Anda yakin email yang dipilih adalah spam, klik Laporkan dan Anda selesai.

Tombol laporan ditemukan langsung di sebelah kiri ikon tempat sampah.

Dan itu semua yang harus Anda lakukan untuk melaporkan email sebagai spam di Gmail. Jangan anggap ini hanya sebagai memberi keuntungan pada diri sendiri – Anda juga membantu siapa pun yang mungkin menjadi target email seperti itu. Semakin banyak yang Anda laporkan, semakin baik Gmail dalam memblokir spam. Jadi mulailah melaporkan dan jangan berhenti. Mari akhiri email yang tidak diinginkan tersebut.