Apakah iPhone Anda tidak terhubung ke jaringan seluler setelah menginstal iOS 17.2.1? Ini mungkin bisa membantu.

June Wan/ZDNET

Pembaruan misterius iOS 17.2.1 yang dirilis tepat sebelum Natal sepertinya menyebabkan kekacauan bagi beberapa pengguna iPhone.

Beberapa pembaca mengarahkan saya ke sebuah thread di forum dukungan Apple di mana pengguna mengeluh mengalami masalah dalam menghubungkan ke jaringan seluler setelah pembaruan ini.

Masalah ini tampaknya memengaruhi panggilan telepon dan data, dan meskipun sebagian besar keluhan berasal dari pelanggan T-Mobile dan Verizon, masalah ini tidak terbatas pada jaringan-jaringan tersebut.

Pengguna forum telah menawarkan beberapa saran, mulai dari menghapus profil VPN di iPhone (ketuk Pengaturan > Umum > VPN & Manajemen Perangkat > VPN, lalu ketuk i di sebelah profil VPN mana pun, dan Hapus VPN) hingga mengatur ulang pengaturan jaringan (ketuk Pengaturan > Umum > Transfer atau Reset iPhone > Reset, lalu ketuk Reset Pengaturan Jaringan), namun saran-saran ini hanya berhasil terbatas, dan saya percaya bahwa saran-saran ini hanya memecahkan masalah-masalah sekunder, bukan masalah yang disebabkan oleh pembaruan ini.

Dan sebagian besar pengguna yang terkena dampak tidak memiliki VPN yang diinstal.

Intinya: Coba saran-saran ini, tetapi jangan terlalu berharap.

Perlu dicatat juga bahwa masalah ini bukan hal baru; saya telah melihat laporan sporadis mengenai hal ini pada pembaruan sebelumnya. Namun, pembaruan iOS 17.2.1 khusus ini tampaknya menciptakan masalah yang lebih luas.

Selain masalah seluler ini, beberapa pengguna mengklaim bahwa pembaruan ini juga berdampak negatif pada daya tahan baterai, sementara yang lain mengklaim bahwa masalah pemanasan berlebihan iPhone kembali muncul.

MEMBACA  Petugas polisi London menuai kemarahan setelah menyarankan bahwa swastika harus 'dilihat dari konteks' kepada wanita Yahudi