Apa yang terjadi dengan penawaran upgrade Windows 10 gratis?

Catatan: Artikel ini awalnya diterbitkan pada September 2019 dan telah diperbarui secara signifikan dan diterbitkan ulang beberapa kali sejak saat itu. Versi saat ini mencakup detail tentang perubahan besar yang dilakukan Microsoft pada program upgrade gratis pada September 2023.

Pada Januari 2017, saya menulis sebuah posting berjudul “Beginilah cara Anda masih bisa mendapatkan upgrade Windows 10 gratis.” Ini menjadi posting paling populer yang pernah saya terbitkan di ZDNET, dan masih menjadi salah satu halaman paling populer di situs tersebut.

Juga: Cara merekam layar di Windows 10 atau 11

Dalam beberapa bulan setelah publikasi asli tersebut, saya memeriksa ulang, merevisi, dan memperbarui posting tersebut beberapa kali. Setelah beberapa pembaruan pertama, namun, saya kehabisan PC lama untuk diupgrade; jadi saya menambahkan catatan di akhir artikel, meminta pembaca yang mencoba teknik ini untuk menggunakan formulir kontak dan memberi tahu saya bagaimana pengalamannya.

Tanggapan terhadap permintaan itu sangat besar, dan saya masih menerima laporan hingga hari ini.

Namun, saat ini, sebagian besar laporan tersebut berasal dari orang-orang yang mengonfirmasi bahwa penawaran upgrade gratis tidak lagi menghasilkan lisensi digital yang valid. Celah itu resmi ditutup pada 20 September 2023, ketika Microsoft memposting pengumuman tidak mencolok di situs web untuk mitra perangkat kerasnya. (Untuk detailnya, lihat “Resmi: Tidak ada upgrade Windows 10 gratis lagi.”)

Juga: 7 cara membuat Windows 11 kurang mengganggu

Meskipun upgrade ke Windows 10 masih berfungsi, PC yang baru diupgrade melaporkan bahwa itu tidak diaktifkan dengan benar. Di aplikasi Pengaturan, semua opsi di halaman Personalisasi tidak tersedia, dan pesan ini muncul di bagian atas halaman, dalam warna merah:

MEMBACA  Bidet Berkontrol Suara, Robot Hewan Peliharaan, dan Pemanggang Roti Steak: Teknologi Rumah Favorit Kami di CES 2024

“Anda perlu mengaktifkan Windows sebelum Anda dapat mempersonalisasi PC Anda.”

Jadi mengapa Microsoft mengizinkan upgrade gratis tersebut pada awalnya? Dan apakah ada kemungkinan bahwa akan mencabut lisensi digital tersebut, sekarang penawaran upgrade gratis secara resmi tidak berlaku?

Mengapa Microsoft melakukan ini?

Jawaban atas pertanyaan pertama itu mudah. Ingatlah, bisnis Windows Microsoft didasarkan pada kemitraan dengan produsen PC, yang membayar biaya lisensi untuk setiap salinan Windows yang mereka instal di PC baru. Para produsen OEM itu tidak terlalu senang dengan gagasan memperpanjang umur PC lama; mereka lebih suka Anda membeli PC baru daripada itu.

Juga: Laptop Windows terbaik yang bisa Anda beli sekarang

Jadi, untuk menenangkan mitra OEM-nya, Microsoft menetapkan batas waktu pada penawaran upgrade gratis, dan ketika berakhir setelah setahun, perusahaan itu hanya diam saja. Saat ini, tim pemasaran Windows dengan antusias mempromosikan PC baru yang menjalankan Windows 11, dan staf penjualan perusahaan terus menjual lisensi volume edisi Enterprise Windows dan langganan Microsoft 365. Tidak ada yang membicarakan upgrade.

Jujur, pada titik ini, satu-satunya orang yang masih tertarik dengan upgrade gratis ke Windows 10 adalah penggemar, pengguna rumahan, dan bisnis kecil yang menjalankan perangkat keras yang setidaknya sudah berusia delapan tahun. Itu tidak berarti upgrade akan gagal, tentu saja. Saya menerima beberapa laporan berhasil upgrade Windows 10 di PC yang berasal dari awal era Windows 7 pada 2009-2011.

Tetapi sebagian besar PC kuno itu sudah dinonaktifkan. Sebagian besar PC Windows yang dijual dalam delapan tahun terakhir termasuk lisensi Windows 10, dan bahkan bisnis yang tetap menggunakan Windows 7 hingga akhir biasanya melakukannya dengan menggunakan hak downgrade. Mereka bebas menginstal Windows 10 kapan saja, tanpa harus melalui hambatan apa pun.

MEMBACA  5 Penawaran Amazon yang akan disukai oleh Pasangan Valentine Anda

Pada PC yang awalnya dijual dengan versi Windows lama, perhitungan Microsoft cukup jelas: dalam kepentingan terbaik perusahaan, versi Windows lama itu digantikan, baik untuk tujuan dukungan maupun untuk meningkatkan keamanan ekosistem Windows. Tidak ada atau sedikit keuntungan dalam mencoba menjual upgrade ke pasar itu, dan ada banyak kebaikan hati yang bisa didapat dengan membuat upgrade itu mudah.

Namun, apakah ada yang perlu diperhatikan?

Pertanyaan kedua ini sedikit lebih sulit. Ada yang perlu diperhatikan? Secara teknis, tidak. Sebuah PC yang diupgrade dari Windows 7 atau Windows 8.1 ke Windows 10 sebelum tanggal batas pada September 2023 melaporkan bahwa itu diaktivasi dan memiliki lisensi digital untuk Windows 10.

Juga: Cara menurunkan dari Windows 11 ke Windows 10

Apakah lisensi tersebut legal? Seperti yang sudah saya katakan berkali-kali, saya bukan seorang pengacara, jadi saya tidak bisa memberikan saran hukum. Namun, saya memiliki banyak pengalaman dengan lisensi Windows, dan benar-benar tidak dapat dipercaya (dan ya, kata tersebut memiliki arti persis seperti yang Anda pikirkan) bahwa Microsoft akan memilih untuk menegakkan perjanjian lisensi yang ambigu terhadap pelanggan ritelnya. Mereka, pada akhirnya, prospek untuk berlangganan Microsoft 365, membeli perangkat keras dan game Xbox, bermain Minecraft, menggunakan Microsoft Copilot, dan akhirnya membeli PC Windows 11 baru dari salah satu mitra yang disebutkan di atas.

Dan berapapun keuntungan yang bisa dihasilkan oleh para akuntan Microsoft dari upgrade tersebut tidak akan sebanding dengan ketidakpuasan yang sangat buruk yang akan muncul dari mengirimkan surat ancaman kepada pensiunan dan bisnis kecil yang mencoba memperpanjang beberapa tahun hidup dari perangkat keras lama mereka.

MEMBACA  Semua yang Perlu Diketahui tentang Merekam Video dan Audio Secara Legal di Dalam Rumah Anda

Jika Anda menjalankan bisnis, tentu saja, perhitungannya berbeda. Apakah Anda benar-benar ingin tidak yakin apakah aset perangkat lunak bisnis Anda dilisensikan dengan benar? (Akuntan Anda akan memberi tahu Anda tidak.) Namun di sini juga saya yakin bahwa kemungkinan hampir nol bahwa polisi perangkat lunak akan menangkap konsumen atau pemilik bisnis kecil karena mereka memutuskan untuk mengupgrade PC lama.

Juga: Cara mengirim dan menerima iMessages di Windows

Pada akhirnya, semua ini terkait dengan model lisensi ritel Windows baru yang diperkenalkan Microsoft dengan Windows 10 pada tahun 2015. Anda hanya perlu membeli lisensinya sekali, biasanya dengan PC baru, dan setelah itu, semua upgrade gratis, selama perangkat keras memungkinkan. Itulah kebijakan resmi dengan Windows 10 dan Windows 11, dan jelas bahwa kebijakan tidak resmi termasuk versi Windows lama juga.