goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

Amazon Prime Video sekarang mengenakan biaya tambahan untuk Dolby Vision dan Atmos.

Amazon diam-diam menghentikan dukungan Dolby Vision dan Dolby Atmos di tingkat Prime Video yang didukung iklan.

Perubahan ini, yang pertama kali ditemukan oleh media Jerman 4KFilme, telah dikonfirmasi oleh juru bicara Amazon yang berbicara dengan The Verge.

\”Kemampuan Dolby Vision dan Dolby Atmos hanya tersedia pada opsi bebas iklan, pada judul-judul yang relevan,\” kata mereka kepada penerbit.

LIHAT JUGA:

Amazon sedang menguji fitur keamanan pengemudi baru menyusul penembakan

Ini mungkin menjadi kejutan yang tidak menyenangkan bagi beberapa pengguna. Pada bulan September tahun lalu, Amazon mulai membebankan biaya tambahan $2,99 untuk pengalaman streaming video bebas iklan. Namun, rilis pers perusahaan yang mengumumkan perubahan tersebut tidak menyebutkan Dolby Vision atau Dolby Atmos.

Dolby Vision adalah seperangkat standar untuk video HDR (high dynamic range), sementara Dolby Atmos adalah seperangkat standar untuk suara surround. Dalam kata-kata yang paling sederhana, dukungan untuk standar ini berarti gambar yang lebih baik dan suara yang lebih baik bagi pengguna yang memiliki perangkat keras yang dapat memanfaatkannya.

Sebagai gantinya, pelanggan tingkat iklan sekarang dapat melihat konten dalam HDR10+ dan Dolby Digital 5.1 – tidak buruk dalam arti apa pun, tetapi tidak sebaik Dolby Vision dan Dolby Atmos.

Langkah Amazon ini dalam beberapa hal mencerminkan langkah serupa yang baru-baru ini diambil oleh pesaing. Netflix, misalnya, memperkenalkan tingkat yang didukung iklan pada tahun 2022, dengan konten yang lebih sedikit tersedia dibandingkan dengan tingkat tanpa iklan yang lebih mahal. Perusahaan streaming tersebut menghapus paket berlangganan tanpa iklan termurahnya pada awal tahun ini, membuat biaya untuk melihat konten tanpa gangguan iklan semakin mahal.

MEMBACA  Perpajakan dan Pemerataan - Menyeimbangkan Keadilan Sosial

Namun, harga Amazon sedikit berbeda dengan Netflix. Sebagai layanan mandiri, Prime Video dimulai dari $8,99 dengan iklan (dan tanpa Dolby Vision dan Atmos), dengan tingkat tanpa iklan membutuhkan biaya tambahan $2,99. Keanggotaan Amazon Prime, yang mencakup keuntungan lain selain streaming video, dimulai dari $14,99 per bulan, dan juga membutuhkan biaya tambahan $2,99 untuk mendapatkan tingkat tanpa iklan.