Alasan mengapa Spectre x360 baru dari HP sudah menjadi salah satu laptop favorit saya tahun ini.

Cesar Cadenas/ZDNET

Kesimpulan penting dari ZDNET

HP Spectre x360 2024 hampir memiliki segalanya; dari tampilan yang memukau hingga speaker yang mengisi ruangan dan webcam 9MP. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Meteor Lake dan kartu grafis generasi berikutnya sehingga menjadi laptop ideal untuk pekerjaan dan hiburan.

Laptop ini memiliki desain sudut yang menarik, namun beberapa orang mungkin merasa frustrasi dengan kurangnya port dan penggunaan docking station yang kaku.


Selama bertahun-tahun, saya ingin memiliki iPad. Ini adalah tablet premier dengan banyak alasan, seperti hardware yang solid dan beragam fitur. Tetapi setelah mencoba HP Spectre x360 2024, saya mengubah pikiran saya – saya tidak ingin memiliki iPad lagi.

Meskipun laptop 2-in-1 tidak sebanding dengan tablet seperti halnya dengan laptop, tetapi lebih baik daripada model iPad apa pun yang pernah saya coba – mampu bekerja dengan baik dalam berbagai situasi; baik itu hiburan atau pekerjaan.

Juga: MacBook Air, iPad Pro, dan iPad Air terbaru dari Apple bisa diluncurkan secepatnya pada bulan Maret

Pengalaman saya yang luar biasa dengan Spectre x360 dimulai saat saya membuka penutupnya, mengungkapkan layar OLED 14 inci (2,880 x 1,800 piksel) yang sangat memesona. Warna yang hidup, hitam yang dalam, dan detail layar yang tinggi menyambut saya, dan rasanya seperti saya melihat layar OLED Asus Zenbook 14 Flip lagi. Bagaimana jika saya memberi tahu Anda bahwa itu bukan bagian terbaik dari laptop terbaru dari HP ini?

Lihat di HP

Di bagian atasnya terdapat webcam sudut lebar yang mengesankan dengan resolusi 9MP. Ini adalah webcam terbaik yang pernah saya gunakan. Kualitas gambar yang tak tertandingi dan melebihi lensa 5MP dan 7MP yang pernah saya gunakan sebelumnya. Berkat layar OLED yang luar biasa, video tetap jelas dengan keseimbangan warna yang baik bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah.

MEMBACA  Printer Terbaik Tahun 2024: Rekomendasi dari Para Ahli

Juga: Laptop Acer ini mengejutkan saya dengan pasangan layar dan webcam OLED terbaik yang pernah saya uji dalam waktu yang lama

Mendukung webcam ini adalah beberapa fitur AI yang didukung oleh unit pemrosesan neural internal (NPU). Anda memiliki Windows Studio Effects, yang dapat memburamkan latar belakang untuk menjaga privasi Anda atau mengaktifkan framing otomatis untuk selalu menjaga Anda berada di tengah frame. Ada juga penghilangan noise pada mikrofon untuk mencegah suara luar masuk, fitur yang sangat saya hargai saat saya menulis ulasan ini di sebuah kafe yang ramai.

Menggabungkan semuanya, HP telah menciptakan salah satu laptop terbaik untuk video konferensi.

Tentang audio, Spectre x360 memiliki speaker yang bagus. Laptop ini dilengkapi dengan sepasang tweeter yang ditingkatkan IMAX dan dua woofer. Laptop seringkali kesulitan dalam menghasilkan suara berkualitas baik. Seringkali, produsen memilih untuk tidak menambahkan woofer, sehingga menghasilkan suara yang tinny. Namun, hal itu tidak terjadi pada Spectre. Berkat konfigurasi speaker ini, audio musik dan film terdengar jelas. Ada kedalaman pada trek audio karena speaker dapat menghasilkan bass yang dalam. Speaker ini juga dilengkapi dengan fitur pendukungnya, terutama DTS:X Ultra, yang memungkinkan audio yang imersif. Dikombinasikan dengan layar OLED, perangkat HP ini menawarkan pengalaman hiburan yang hanya kalah dari bioskop rumah.

Juga: Fitur terbaik di laptop Asus ini adalah yang paling sedikit diperhatikan

Tentu saja, hidup tidak selalu tentang bersenang-senang karena orang harus bekerja. Untungnya, Spectre siap menemani Anda dengan setiap modelnya dilengkapi dengan prosesor Meteor Lake. Unit yang saya ulas dilengkapi dengan prosesor Intel Core Ultra 7 155H dan 32GB RAM. Untuk melihat apa yang mampu dilakukan oleh hardware ini, saya menjalankan laptop melalui Cinebench R23, dengan skor 8.643 poin. Meskipun belum mencapai skor benchmarking HP yang dijanjikan, laptop ini masih mampu mengungguli sebagian besar prosesor Intel lainnya kecuali model yang lebih tinggi seperti Intel Core i9-9880H. Namun, perbedaannya tidak terlalu signifikan.

MEMBACA  Jakarta Mengelola 130 Ton Sampah Tertinggi Sepanjang Masa di Malam Tahun Baru

Sehebat apapun hardware-nya, saya tidak merekomendasikan Spectre x360 untuk bermain game. Grafis Intel Arc merupakan peningkatan langsung dari Iris Xe dan memungkinkan laptop ini dapat menghandle permainan video dengan lebih baik daripada sebelumnya, tetapi tetap tidak bisa bersaing dengan kartu grafis GeForce. Anda akan mengalami masalah performa yang signifikan pada pengaturan grafis tinggi. Tentu saja, itu tidak berarti Anda tidak dapat memainkan judul-judul yang tidak memerlukan grafis yang intensif.

Yang menarik tentang seri Meteor Lake ini adalah bahwa Intel berusaha untuk mengoptimalkan efisiensinya. Hal ini jelas terlihat pada daya baterai. Saya melakukan tes baterai biasa saya dengan memutar YouTube livestream pada resolusi 720p dengan kecerahan 50 persen hingga baterai laptop habis. Spectre x360 dapat bertahan selama 10 jam secara langsung, menjadikannya salah satu laptop dengan daya tahan terlama yang pernah saya uji.

Cesar Cadenas/ZDNET

Terakhir, mari kita bicara tentang desainnya karena saya menyukai apa yang HP lakukan dengan laptop ini, meskipun saya bisa mengerti bahwa beberapa orang mungkin memiliki masalah dengannya. Spectre x360 memiliki estetika yang unik. Setiap tombolnya hampir berbentuk kotak sempurna, ditambah dua sudutnya yang datar; bukan bulat. Dua sudut tersebut menampung empat port Spectre: input USB-C di sebelah kanan dan jack headphone di sebelah kiri. Dua port lainnya adalah input USB-C lainnya dan port USB-A untuk flash drive. Ya, itulah yang Anda dapatkan.

Juga: Anda sekarang dapat membeli laptop AR ini dengan layar 100 inci – tanpa perlu monitor

Solusi HP untuk ini adalah menyertakan dua docking station dengan Spectre, yang memungkinkan pengguna untuk memperluas jumlah port yang tersedia. Dengan docking station, Anda dapat menambahkan input USB tambahan serta port HDMI. Kabar baiknya adalah charger masih dapat digunakan melalui docking station. Jadi, jangan khawatir merasa bahwa Anda harus memilih antara konektivitas atau menjaga laptop tetap terhubung. Anda bisa mendapat keduanya.

MEMBACA  Citi Bike Menyambut Tahun Baru dengan Kenaikan Harga.

Saran Pembelian dari ZDNET

Masih awal tahun, dan HP Spectre x360 2024 sudah masuk dalam daftar laptop favorit saya tahun ini. Ini memenuhi banyak kriteria yang saya inginkan: tampilan yang bagus, speaker dengan bass yang bagus, performa yang solid, dan bahkan keyboardnya juga bagus. Ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya memungkinkan ada lebih banyak ruang pada tombol-tombolnya. Tombol-tombol tersebut dikombinasikan dengan konstruksi laptop yang kokoh sehingga memberikan pengalaman mengetik yang nyaman.

Harga untuk Spectre x360 2024 dimulai dari $1,449.99 dengan beberapa konfigurasi yang tersedia. Unit yang saya ulas adalah salah satu model yang lebih tinggi dengan prosesor Intel Core i7 yang disebutkan sebelumnya dan kapasitas penyimpanan 2TB. Harganya adalah $1,878.99.