Zelensky mengumumkan lebih banyak perubahan pada kepemimpinan militer

Presiden Volodymyr Zelensky mengumumkan lebih banyak perubahan pada kepemimpinan militer Ukraina selama pidato malamnya pada 10 Februari, dengan menunjuk dua wakil baru dari Komandan-in-Chief Oleksandr Syrskyi dan tiga wakil baru dari Kepala Staf Umum Anatolii Barhylevych.

Zelensky menunjuk Syrskyi untuk menggantikan Jenderal Valerii Zaluzhnyi pada 8 Februari. Kemudian, dia menunjuk Barhylevych untuk menggantikan Letnan Jenderal Serhii Shaptala pada 9 Februari. Baik Zaluzhnyi maupun Shaptala telah memimpin militer Ukraina sejak sebelum invasi penuh skala.

Laporan pertama kali muncul pada November 2023 tentang ketidaksepakatan antara Zelensky dan Zaluzhnyi. Wawancara Zaluzhnyi tentang keadaan perang untuk The Economist pada 1 November, di mana dia mengatakan bahwa ada bahaya bahwa Ukraina sedang terjebak dalam perang yang berkepanjangan, membuat Zelensky menyatakan bahwa dia tidak setuju dengan pendapat yang diungkapkan oleh Zaluzhnyi.

Ukrainska Pravda, media Ukraina, kemudian melaporkan pada 4 Desember bahwa Zelensky diduga “melewati” Zaluzhnyi dalam komunikasi dengan beberapa komandan militer, mengutip sumber anonim.

Beberapa hari sebelum pengumuman resmi bahwa Zaluzhnyi dipecat, Zelensky mengkonfirmasi bahwa dia berencana untuk memperbarui kepemimpinan politik dan militer Ukraina, dengan alasan bahwa Ukraina membutuhkan “energi segar”.

Kolonel Vadym Sukharevskyi, komandan Brigade Infanteri Motorisasi Terpisah ke-59, diangkat menjadi salah satu wakil Syrskyi. Sukharevskyi akan fokus pada sistem tanpa awak dan pengembangan penggunaan drone oleh militer, menurut Zelensky.

Kolonel Andrii Lebedenko diangkat menjadi wakil komandan-in-chief lainnya dan akan fokus pada “inovasi, khususnya komponen teknologi dari angkatan bersenjata dan sistem tempur,” menurut Zelensky.

Zelensky juga menunjuk tiga wakil Barhylevych, yaitu Volodymyr Horbatiuk, Oleksii Shevchenko, dan Mykhailo Drapatyi.

Tugas Horbatiuk adalah memastikan semua markas memahami apa yang terjadi di “front 100 persen,” kata Zelensky. Shevchenko akan fokus pada logistik, sementara Drapatyi bertanggung jawab atas persiapan dan pelatihan berkualitas tinggi bagi militer kita.

MEMBACA  UE mengusulkan pengurangan polusi sebesar 90 persen pada tahun 2040.

“Sekarang orang-orang yang sudah dikenal di dalam angkatan bersenjata, dan yang sendiri tahu apa yang dibutuhkan oleh angkatan bersenjata, mengambil tugas baru,” kata Zelensky, mencatat manfaat dari pengalaman pertempuran mereka.

“Semua pengalaman nyata dari komandan pertempuran, brigade pertempuran, dan unit-unit kita, yang membangun sistem pelatihan prajurit yang berkualitas tinggi,” harus diimplementasikan untuk kesuksesan Angkatan Bersenjata Ukraina, kata Zelensky.

Baca juga: Perkembangan terbaru perang di Ukraina: Panglima Angkatan Bersenjata baru menetap, menetapkan prioritas utama

Kami telah bekerja keras untuk memberikan berita independen dan berbasis lokal dari Ukraina. Pertimbangkan untuk mendukung Kyiv Independent.