Warga Korea Selatan mengucapkan selamat tinggal emosional kepada panda tercinta yang berangkat ke China

SEOUL, Korea Selatan (AP) — Sebuah kerumunan orang, beberapa di antaranya menangis, berkumpul di taman hiburan yang tergenang hujan di Korea Selatan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada panda raksasa yang dikasihi sebelum keberangkatannya ke China pada hari Rabu.

Fu Bao telah menjadi daya tarik utama di taman hiburan Everland dekat Seoul sejak lahir di sana pada tahun 2020 kepada panda Ai Bao dan Le Bao, yang datang dari China pada tahun 2016 dalam program sewa 15 tahun.

China mengirim panda ke luar negeri sebagai tanda kebaikan hati tetapi tetap memiliki kepemilikan atas hewan-hewan dan anak-anak mereka. Beberapa dekade usaha konservasi di alam liar dan studi di penangkaran telah menyelamatkan spesies tersebut dari kepunahan, meningkatkan populasi mereka dari kurang dari 1.000 pada suatu waktu menjadi lebih dari 1.800 di alam liar dan di penangkaran.

Pada hari Rabu, banyak penggemar panda di Korea Selatan nekat menghadiri upacara perpisahan di taman Everland untuk Fu Bao, yang akan diterbangkan ke China nanti dalam hari itu.

Saat truk yang membawa Fu Bao bergerak perlahan ke sebuah lapangan di tengah hujan, banyak pengunjung yang mengenakan jas hujan atau membawa payung melambaikan bendera, berseru pesan perpisahan mereka, dan mengambil foto dengan ponsel mereka. Beberapa dengan keras menangis atau menghapus air mata.

Truk itu dihias dengan gambar besar Fu Bao dan pesan “Itu adalah keajaiban bahwa kita bertemu denganmu. Terima kasih, Fu Bao.”

Namun, dia tidak ditampilkan kepada publik pada hari Rabu. Taman terakhir kali menampilkannya kepada publik pada tanggal 3 Maret.

“Anda adalah panda bayi kita selamanya meskipun 10 tahun berlalu atau 100 tahun berlalu,” kata penjaga kebun binatang Kang Cheol-won dalam pidato selama upacara. “Hai semua, Fu Bao sekarang akan pergi. Tolong, ingatlah Fu Bao untuk waktu yang lama … dan tolong jangan terlalu banyak menangis!”

MEMBACA  Saham bioteknologi yang mengkhususkan diri dalam pengobatan kanker tertarget dapat meningkat 50%, kata Jefferies

Ibu Fu Bao, Ai Bao, melahirkan tahun lalu anak kembar perempuan, yang merupakan anak kembar panda pertama yang lahir di Korea Selatan.