Serikat Buruh Teratas Argentina Menyerukan Mogok Menentang Reformasi Milei

(Bloomberg) — Presiden Javier Milei akan menghadapi mogok umum pertamanya setelah lebih dari sebulan menjabat sebagai presiden Argentina, ketika serikat-serikat terbesar negara itu memanggil untuk protes nasional menentang rencananya untuk menderegulasi ekonomi negara, mengubah sistem pemungutan suara, dan mengurangi jaringan keselamatan sosial.

Paling Banyak Dibaca dari Bloomberg

Pekerja akan berhenti di seluruh negeri pada 24 Januari untuk memprotes langkah-langkah Milei, menurut pengumuman pada hari Kamis dari CGT, salah satu kelompok serikat terbesar dan tertua di Argentina. Mereka berencana untuk turun ke jalan di sekitar gedung kongres di Buenos Aires untuk melawan dekrit “ilegal” yang menderegulasi ekonomi yang ditandatangani oleh presiden pekan lalu, kata pemimpin serikat Hector Daer dalam pidatonya.

Mogok ini akan menjadi ujian terbesar bagi rencana Milei untuk mengurangi peran negara dalam ekonomi Argentina yang rentan terhadap krisis. Ini juga merupakan mogok tercepat yang dipanggil oleh CGT setelah pelantikan presiden baru dalam 40 tahun terakhir, menurut media lokal. Pemerintah pada hari Rabu mengirimkan ke kongres sebuah rancangan undang-undang yang mencakup berbagai proposal yang mencakup penghapusan pemilihan umum primer Argentina hingga privatisasi 41 perusahaan milik negara.

Baca Selengkapnya: Milei Membombardir Kongres Argentina dengan Rancangan Undang-Undang Reformasi yang Luas

Rancangan undang-undang yang berisi ratusan halaman memberikan Milei kekuasaan tambahan untuk memutuskan kebijakan ekonomi sepanjang masa jabatannya.

Dalam waktu kurang dari sebulan menjabat, pemerintahan baru ini sudah menghadapi serangkaian protes jalanan setelah mengumumkan berakhirnya kontrol harga, pemotongan pengeluaran tajam, dan devaluasi lebih dari 50% terhadap peso Argentina.

Mogok umum oleh serikat-serikat yang terkait dengan gerakan Peronisme yang sekarang berada dalam oposisi juga akan menguji pendekatan garis keras Menteri Keamanan Patricia Bullrich, yang baru-baru ini mengumumkan serangkaian langkah-langkah untuk membatasi protes dan blokade jalan tanpa izin.

MEMBACA  EU menyetujui langkah pertama untuk menggunakan aset beku Rusia demi kepentingan Ukraina

Baca Selengkapnya: Milei Berupaya Membatasi Protes Anti-Austerity di Argentina

Paling Banyak Dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2023 Bloomberg L.P.