Peta: Gempa Bumi Magnitudo 7.4 Melanda Taiwan

Sebuah gempa bumi besar berkekuatan 7,4 skala richter melanda pantai timur Taiwan pada hari Rabu, menurut data dari United States Geological Survey. Gempa tersebut terjadi pada pukul 7:58 pagi waktu Taipei sekitar 11 mil di sebelah barat daya Kota Hualien, Taiwan. Seismolog sedang meninjau data yang tersedia, dan mereka mungkin akan merevisi magnitudo gempa bumi tersebut. Informasi tambahan yang dikumpulkan tentang gempa bumi juga dapat mendorong ilmuwan U.S.G.S. untuk memperbarui peta tingkat getarannya.

Aftershock biasanya adalah gempa bumi kecil yang mengikuti gempa bumi besar di wilayah yang sama. Aftershock biasanya merupakan penyesuaian kecil di sepanjang bagian sesar yang tergelincir pada saat gempa bumi awal.

Aftershock dapat terjadi dalam beberapa hari, minggu, atau bahkan tahun setelah gempa bumi pertama. Kejadian-kejadian ini bisa memiliki magnitudo yang sama atau lebih besar dari gempa bumi awal, dan mereka dapat terus mempengaruhi lokasi yang sudah rusak sebelumnya.

Sumber: United States Geological Survey | Catatan: Kategori getaran didasarkan pada skala Intensitas Modified Mercalli. Ketika data aftershock tersedia, peta dan grafik yang sesuai mencakup gempa bumi dalam radius 100 mil dan tujuh hari setelah gempa awal. Semua waktu di atas adalah waktu Taipei. Data getaran diperbarui hingga Selasa, 2 April pukul 8:14 malam Waktu Timur. Data aftershock diperbarui hingga Selasa, 2 April pukul 8:58 malam Waktu Timur.

MEMBACA  Somalia memerintahkan Duta Besar Ethiopia untuk meninggalkan negara saat ketegangan diplomatik meningkat