Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa kunci, hari 866 | Berita Perang Rusia-Ukraina

Ketika perang memasuki hari ke-866, inilah perkembangan utamanya. Berikut ini situasinya pada hari Rabu, 10 Juli 2024:

Pertempuran

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya menguasai pemukiman Yasnobrodivka di wilayah Donetsk di Ukraina timur, tetapi Kyiv tidak mengakui kehilangan tersebut dan mengidentifikasi desa tersebut sebagai salah satu tempat di mana pasukannya sedang mempertahankan posisi.
Misi hak asasi manusia PBB mengatakan ada “kemungkinan besar” bahwa rumah sakit anak-anak utama di Kyiv menjadi sasaran langsung dari rudal Rusia selama serangkaian serangan udara di kota-kota Ukraina pada hari Senin. Serangan udara tersebut menewaskan 44 orang di seluruh negara, termasuk empat anak-anak dan dua orang di rumah sakit anak-anak Okhmatdyt di ibu kota.
Seorang pejabat NATO senior memberitahu wartawan di Washington, DC, bahwa Rusia kekurangan amunisi dan pasukan untuk memulai serangan besar-besaran di Ukraina dan perlu mengamankan pasokan amunisi yang signifikan dari negara lain selain yang sudah dimilikinya. “Apa yang kita lihat hari ini adalah kerugian Rusia yang sangat tinggi. Rusia sedang mencoba merebut wilayah. Kita telah melihat pertahanan Ukraina meningkat secara signifikan,” kata pejabat tersebut.

Politik dan diplomasi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mendesak para pemimpin politik di Amerika Serikat untuk tidak menunggu hasil pemilihan presiden November untuk mengambil tindakan untuk menolak serangan Rusia terhadap negaranya. “Sudah waktunya untuk keluar dari bayangan, untuk membuat keputusan yang kuat … untuk bertindak dan tidak menunggu November atau bulan lainnya,” katanya saat berbicara di Institut Ronald Reagan di Washington, DC, menjelang KTT NATO.
Presiden AS Joe Biden, sementara itu, menyambut para pemimpin NATO ke Washington, DC, dengan berjanji akan mempertahankan Ukraina dengan tegas dari invasi Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin “tidak menginginkan yang kurang, tidak menginginkan yang kurang, selain penaklukan total Ukraina … dan menghapus Ukraina dari peta,” katanya dalam pidato selamatannya. “Ukraina bisa dan akan menghentikan Putin.”
Diperkirakan NATO juga akan mengumumkan rincian tentang jalur Ukraina menuju keanggotaan dalam aliansi tersebut selama KTT. NATO, yang didasarkan pada kesepakatan dasar bahwa serangan terhadap satu anggota adalah serangan terhadap semua, telah menyatakan bahwa tidak akan membawa Ukraina ke dalam aliansi sampai setelah konflik dengan Rusia berakhir.
Di New York, sementara itu, anggota Dewan Keamanan PBB mengutuk Rusia atas serangan rudal yang menghancurkan bagian dari rumah sakit anak-anak terbesar Ukraina. Utusan Moskow membantah bertanggung jawab atas serangan rumah sakit tersebut, mengatakan bahwa itu terkena oleh roket pertahanan udara Ukraina.
Di ibu kota Rusia, Moskow, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan kepada Putin bahwa “perang tidak dapat menyelesaikan masalah” dan mendorong “perdamaian melalui dialog”. Pemimpin India menambahkan bahwa kematian anak-anak yang tak bersalah menyakitkan dan menakutkan, memberikan teguran tersirat kepada Putin dalam sebuah KTT yang dimaksudkan untuk menegaskan kemitraan yang semakin dalam antara kedua negara mereka.
Sekretaris Luar Negeri India Vinay Mohan Kwatra juga mengatakan bahwa Rusia telah berjanji untuk mulai memulangkan warga negara India yang “tertipu” untuk bergabung dengan militer Rusia. New Delhi telah mencari pembebasan warganya yang keluarganya mengatakan mereka ditipu untuk bergabung dengan Rusia dengan janji “pekerjaan dukungan” di angkatan bersenjata dan kemudian dipaksa untuk bertempur aktif di Ukraina.

MEMBACA  Gambar lumpur Uganda yang sudah berusia satu dekade disalahartikan sebagai tanah longsor di Kenya

Senjata

Biden dan para pemimpin Jerman, Italia, Belanda, dan Rumania mengeluarkan pernyataan bersama yang mengumumkan pengiriman empat sistem pertahanan udara Patriot tambahan dan satu sistem SAMP-T tambahan untuk melindungi kota, warga sipil, dan tentara Ukraina. Mereka mengatakan dalam beberapa bulan mendatang, AS dan sekutunya bermaksud untuk menyediakan Ukraina dengan puluhan sistem pertahanan udara taktis, termasuk NASAMS, HAWKs, IRIS T-SLM, IRIS T-SLS, dan sistem Gepard.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mendorong Barat untuk terus mengirim senjata dan amunisi ke Ukraina biarpun harganya, mengatakan bahwa hasil dari perang dengan Rusia “akan membentuk keamanan global selama beberapa dekade ke depan”.
Zelenskyy, dalam sebuah pos media sosial, menjelaskan bahwa pertahanan udara tetap menjadi permintaan utama negaranya, mengatakan dalam sebuah pos di X: “Kami berjuang untuk lebih banyak sistem pertahanan udara untuk Ukraina, dan saya yakin kami akan berhasil. Kami juga berupaya untuk mendapatkan lebih banyak pesawat, termasuk F-16. Selain itu, kami berusaha untuk mendapatkan jaminan keamanan yang ditingkatkan untuk Ukraina, termasuk senjata, bantuan keuangan, dan dukungan politik.”