Penggunaan bahan bakar fosil, emisi mencapai rekor tertinggi pada tahun 2023, laporan industri menyatakan | Energi

Bagian dari konsumsi energi global mencapai hampir 15 persen, yang tertinggi sepanjang masa. Konsumsi bahan bakar fosil global dan emisi gas rumah kaca mencapai rekor tertinggi tahun lalu, meskipun energi terbarukan menghasilkan lebih banyak energi dari sebelumnya, sebuah laporan industri telah ditemukan.
Konsumsi bahan bakar fosil naik 1,5 persen dibandingkan dengan tahun 2022, sementara emisi meningkat 2,1 persen, laporan Statistik Tinjauan Energi Dunia menunjukkan pada hari Kamis.
Pada saat yang sama, bagian energi terbarukan dari konsumsi energi mencapai 14,6 persen, naik 0,4 persen dari tahun sebelumnya.
Nick Wayth, CEO Institute Energi, mengatakan bahwa sementara permintaan akan bahan bakar fosil mencapai puncaknya di negara-negara maju, perkembangan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup di negara-negara berkembang terus mendorong pertumbuhan fosil.
“Progres transisi ini lambat, tetapi gambaran besar menyembunyikan cerita energi yang beragam yang terjadi di berbagai geografi,” kata Wayth dalam kata pengantar laporan tersebut.
Selatan Global menyumbang 56 persen dari total konsumsi energi, dengan penggunaannya tumbuh dua kali lipat dari rata-rata global, laporan tersebut mengatakan.
China jauh menjadi konsumen batubara terbesar – menyumbang 56 persen dari total konsumsi dunia – sementara konsumsi India melampaui Eropa dan Amerika Utara yang digabungkan untuk pertama kalinya, menurut laporan tersebut.
Sebaliknya, konsumsi batubara di Eropa dan Amerika Utara turun ke level terendahnya sejak 1965, laporan tersebut mengatakan.
Di Amerika Serikat, konsumsi batubara turun 17 persen dan telah berkurang separuh dalam satu dekade terakhir.
China dan India juga mengalami peningkatan besar dalam penggunaan gas alam, dengan konsumsi naik 7 persen, menurut laporan tersebut.
Permintaan di Eropa turun 7 persen, menjaga konsumsi global relatif stabil.
China juga mendorong adopsi energi terbarukan, menyumbang 63 persen kapasitas angin dan surya baru global.
Institute Energi, yang mewakili sektor energi global, telah menerbitkan laporan tahunan tersebut bekerja sama dengan konsultan KPMG dan Kearney sejak tahun 2023.
Institut mengambil alih publikasi laporan dari BP, yang telah menulis laporan sejak tahun 1950-an.

MEMBACA  AI memperkenalkan era CX cerdas, mendorong transformasi industri yang massif.