McDonald’s Membuang Teknologi Suara AI Drive-Thru. Apa Artinya Ini untuk Saham SoundHound AI?

McDonald’s (NYSE: MCD) baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menghapus teknologi pemesanan suara berbasis kecerdasan buatan (AI) yang didukung oleh International Business Machines (NYSE: IBM). Sebagai gantinya, raksasa makanan cepat ini akan mencari solusi pengganti teknologi tersebut pada akhir tahun ini.

Mari kita lihat lebih dekat keputusan McDonald’s dan dampaknya terhadap SoundHound AI (NASDAQ: SOUN), yang teknologi AI berbasis suaranya telah membuat banyak kemajuan di ruang restoran akhir-akhir ini.

Calon pengganti McDonald’s

Keputusan McDonald’s untuk mengakhiri kemitraan dengan IBM untuk teknologi pengambilan pesanan otomatis setelah uji coba dua tahun datang sebagai kejutan, karena rantai restoran tersebut menjual teknologi yang menggerakkan solusi tersebut ke IBM pada musim gugur 2021. McDonald’s awalnya membeli start-up suara AI bernama Apprente pada tahun 2019 dan mengintegrasikannya ke dalam sebuah usaha yang disebut McD Tech Labs, yang kemudian dijual ke IBM. Sejak kesepakatan itu, mereka telah menguji teknologi tersebut, yang telah diterapkan di lebih dari 100 lokasi.

Teknologi pemesanan suara akan dimatikan di semua lokasi pada 26 Juli tahun ini. Ketika teknologi tersebut pertama kali diperkenalkan, McDonald’s mengatakan bahwa tingkat akurasinya sekitar 85% dan bahwa teknologi tersebut dapat mengambil 80% pesanan. Namun, dengan media sosial, beberapa kesalahan besar teknologi tersebut menjadi viral, seperti menambahkan paket saus tomat dan mentega ke pesanan es krim dan air.

Pejabat restoran utama McDonald’s, Mason Smoot, memberitahu para franchisee bahwa perusahaan senang dengan uji coba tersebut tetapi bahwa ada “kesempatan untuk menjelajahi solusi pemesanan suara lebih luas.”

Gambar sumber: Getty Images.

SoundHound adalah pilihan logis sebagai pengganti IBM, karena perusahaan tersebut telah mendapat banyak perhatian di ruang restoran dengan teknologi pemesanan suara AI yang didukungnya dan aplikasi industri khusus lainnya. Ini termasuk platform Smart Ordering, yang mengambil pesanan dan menjawab pertanyaan dari panggilan telepon masuk, serta solusi Employee Assist, yang bertindak sebagai kopilot di headset karyawan untuk membantu menjawab pertanyaan yang mereka miliki, seperti bagaimana membersihkan mesin es krim.

MEMBACA  Gym Rumah Pintar Terbaik untuk Tahun 2024

SoundHound telah mengamankan kesepakatan dengan sejumlah rantai restoran cepat saji (QSR) besar, termasuk White Castle, Jersey Mike’s, Five Guys, Noodles & Company, dan Chipotle Mexican Grill, bersama dengan perusahaan fintech restoran teratas seperti Toast, Olo, dan Square. Dengan demikian, perusahaan ini pasti merupakan kandidat yang layak untuk menggantikan IBM sebagai mitra teknologi pemesanan suara AI baru McDonald’s.

Namun, SoundHound bukan satu-satunya kandidat. Wendy’s menggunakan Google Cloud milik Alphabet untuk menggerakkan platform Fresh AI-nya yang sedang diuji coba di beberapa drive-thru-nya. Sementara itu, QSR seperti Del Taco, yang dimiliki oleh Jack in the Box, Rally’s, Checker’s, dan CKE telah menggunakan solusi dari perusahaan seperti Presto Automation, Hi Auto tech, OpenCity, dan Valyant AI.

Alphabet sebenarnya bisa menjadi favorit untuk memenangkan kesepakatan, karena McDonald’s dan Google Cloud mencapai kesepakatan pada bulan Desember lalu untuk menerapkan solusi AI generatif di seluruh restorannya di seluruh dunia. Namun, meskipun dengan kesepakatan Wendy’s, suara AI masih bukan kompetensi inti Google, dan jika SoundHound memiliki solusi yang lebih baik, perusahaan tersebut masih bisa memenangkan kesepakatan McDonald’s.

Waktu untuk membeli saham SoundHound?

Dengan kesepakatan terbaru McDonald’s dengan Google Cloud, SoundHound kemungkinan tidak dianggap sebagai favorit untuk memenangkan kesepakatan, tetapi jika berhasil, itu akan membantu memvalidasi perusahaan sebagai pemimpin di ruang suara AI, dan sahamnya pasti akan melonjak saat berita tersebut. Fakta bahwa McDonald’s tidak tergesa-gesa melakukan kesepakatan baru segera dan mencari alternatif adalah kabar baik, dan SoundHound kemungkinan akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan teknologinya kepada raksasa makanan cepat tersebut.

Diperdagangkan dengan multiple harga terhadap penjualan (P/S) forward lebih dari 20 kali, saham SoundHound tidak murah. Namun, perusahaan telah mengalami pertumbuhan pendapatan yang pesat, dan telah membangun backlog bisnis yang besar. Sementara itu, sebuah katalisator super-sized McDonald’s bisa ada di depan.

MEMBACA  Direktur Bounti lokal menjual saham senilai lebih dari $1.150 menurut Investing.comDirektur Bounti lokal menjual saham senilai lebih dari $1.150 menurut Investing.com

Grafik Rasio PS SOUN (Forward)

Peluang seperti McDonald’s dan inovasi yang sedang dilakukannya di industri dan perangkat lain di luar vertikal otomotif dan restorannya dapat membantu saham bergerak dari sini. Meskipun SoundHound memiliki potensi besar, saham ini masih merupakan investasi spekulatif, mengingat valuasinya dan kenyataan bahwa perusahaan ini masih dalam tahap pertumbuhan awal. Oleh karena itu, segala investasi dalam saham teknologi pertumbuhan ini harus disesuaikan, mengingat risikonya.

Apakah Anda ingin berinvestasi $1.000 di SoundHound AI sekarang?

Sebelum Anda membeli saham SoundHound AI, pertimbangkan hal berikut:

Tim analis Motley Fool Stock Advisor baru saja mengidentifikasi apa yang mereka yakini sebagai 10 saham terbaik untuk para investor beli sekarang… dan SoundHound AI bukan salah satunya. 10 saham yang masuk dalam daftar tersebut bisa menghasilkan keuntungan besar dalam beberapa tahun mendatang.

Pertimbangkan ketika Nvidia masuk dalam daftar ini pada 15 April 2005… jika Anda menginvestasikan $1.000 pada saat rekomendasi kami, Anda akan memiliki $830.777!*

Stock Advisor memberikan panduan yang mudah diikuti bagi para investor untuk sukses, termasuk bimbingan tentang membangun portofolio, pembaruan reguler dari para analis, dan dua rekomendasi saham baru setiap bulan. Layanan Stock Advisor telah lebih dari empat kali lipatkan keuntungan S&P 500 sejak tahun 2002*.

Lihat 10 saham tersebut »

*Pengembalian Stock Advisor per 10 Juni 2024

Suzanne Frey, seorang eksekutif di Alphabet, adalah anggota dewan direksi The Motley Fool. Geoffrey Seiler memiliki posisi di Alphabet, Block, dan Toast. The Motley Fool memiliki posisi dalam dan merekomendasikan Alphabet, Block, Chipotle Mexican Grill, Olo, dan Toast. The Motley Fool merekomendasikan International Business Machines. The Motley Fool memiliki kebijakan pengungkapan.

MEMBACA  Xpeng yang didukung oleh Volkswagen bersiap untuk perang sewa untuk menarik perhatian skeptis EV

McDonald’s Mencabut Teknologi Pemesanan Suara AI Drive-Thru. Apa yang Bisa Ini Berarti untuk Saham SoundHound AI? pertama kali diterbitkan oleh The Motley Fool