Pembaruan Langsung: Perdana Menteri Slovakia dalam Kondisi ‘Mengancam Nyawa’ Setelah Ditembak

Tanggal 15 Mei 2024, pukul 12:24 siang WIB

Pada tanggal 15 Mei 2024, pukul 12:24 siang WIBPerdana Menteri Robert Fico ditembak dan terluka parah pada hari Rabu.Kredit…Vladimir Simicek/Agence France-Presse — Getty Images

Robert Fico, 59 tahun, telah memainkan peran penting dalam politik Slovakia sejak negara itu memperoleh kemerdekaan pada tahun 1993 dan telah menjabat sebagai perdana menteri lebih lama dari pemimpin lainnya.

Negara itu memperoleh kemerdekaan di tengah Revolusi Beludru, serangkaian protes populer dan non-kekerasan terhadap Partai Komunis di apa yang pada saat itu masih disebut Cekoslowakia.

Bapak Fico, yang pernah menjadi anggota Partai Komunis saat berkuasa, mendirikan partai Smer pada akhir tahun 1990-an dan memulai masa jabatan perdana menteri pertamanya pada tahun 2006. Slovakia adalah negara yang terkurung daratan dengan sekitar 5 juta penduduk.

Partai Smer, yang awalnya beraliran kiri namun semakin merangkul pandangan kanan tentang imigrasi dan isu budaya, selalu memerintah sebagai bagian dari koalisi. Banyak fokus internasional pada kepemimpinan Bapak Fico dalam beberapa tahun terakhir telah difokuskan pada hubungannya dengan Presiden Vladimir Putin dari Rusia dan Perdana Menteri Viktor Orban dari Hungaria, tetangga selatan Slovakia.

Bapak Fico mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada bulan Juli 2018 setelah demonstrasi massal atas pembunuhan seorang jurnalis, Jan Kuciak, dan tunangannya, Martina Kusnirova, yang telah mengungkap korupsi pemerintah. Protes yang mengguncang negara itu merupakan yang terbesar sejak Revolusi Beludru; para demonstran menuntut pengunduran pemerintah dan pemilihan umum baru.

Slovakia menduduki peringkat tinggi dalam penilaian independen tentang kebebasan pers, namun para pengunjuk rasa juga mencari perubahan lebih dalam di negara yang telah diawasi oleh Bapak Fico.

MEMBACA  Dapatkah pengadilan tertinggi dunia menghentikan serangan Israel di Rafah? | Berita Perang Israel di Gaza

Ia kembali berkuasa dalam pemilihan pada musim gugur tahun lalu, membentuk pemerintahan koalisi setelah mendapatkan sekitar 23 persen suara, setelah berkampanye menentang sanksi yang diberlakukan terhadap Rusia setelah invasi penuh skala Ukraina dimulai pada Februari 2022. Tidak satu butir amunisi negara harus dikirimkan ke Ukraina, katanya kepada para pemilih.

Sikap tersebut, di negara di mana sentimen pro-Rusia secara historis telah signifikan, membuat keprihatinan pemimpin Eropa di Brussels, yang mengatakan mereka khawatir Slovakia dapat membentuk aliansi pro-Rusia dengan Bapak Orban dan, potensialnya, pemimpin Italia, Georgia Meloni, yang akan menghambat dukungan untuk Ukraina di Uni Eropa. Pada saat itu, juga dianggap sebagai tanda erosi yang tampak dari blok pro-Ukraina yang dibentuk oleh Eropa setelah invasi tersebut.

Pada bulan April, seorang sekutu Bapak Fico, Peter Pellegrini, memenangkan suara untuk menjadi presiden Slovakia. Posisi itu sebagian besar bersifat seremonial, namun analis mengatakan kemenangan itu memperkuat pegangan kekuatan politik yang bersahabat dengan Rusia di Eropa Tengah, mengingat bahwa Bapak Pellegrini menentang memberikan bantuan militer dan keuangan kepada Ukraina.

Tampilkan lebih banyak\”