Komunitas Afrika Selatan yang Berkembang Memuji Peluang di Isle of Man

Keamanan dan peluang bisnis menjadi alasan di balik peningkatan pemindahan penduduk dari Afrika Selatan ke Isle of Man, demikian kata para anggota komunitas yang semakin berkembang di sana.

Sensus tahun 2021 menunjukkan sekitar 1.200 orang dari negara tersebut telah melakukan perjalanan ke pulau itu untuk tinggal.

Namun, Vanessa Naude dari IOM Relocate mengatakan secara “anekdot” ada “lebih banyak lagi” orang Afrika Selatan di pulau tersebut.

Sebuah festival yang merayakan budaya dan musik Afrika Selatan yang diselenggarakan sebelumnya dalam tahun ini berhasil terjual habis 800 tiketnya.

Naude, seorang penasihat pemindahan dan penyelenggara SAFFA Festival perdana, pindah ke pulau itu pada tahun 2021.

Dia mengatakan bahwa telah “berisiko” mengganggu karir sekolah anak-anaknya pada usia 13 dan 16 tahun, tetapi sekarang mereka “berjalan dengan baik” setelah sebelumnya “ketakutan akan kejahatan dan kerusuhan” di negara asalnya.

Naude juga mengatakan bahwa ia melihat peningkatan minat dari orang-orang Afrika Selatan yang ingin pindah untuk bekerja, yang telah ditingkatkan oleh upaya pemerintah dalam mempromosikan hubungan bisnis antara kedua negara.

Roelf Odendaal, pendiri Isle of Man Indaba, mengatakan bahwa tur ke Afrika Selatan yang melibatkan perwakilan dari lembaga pemerintah Finance Isle of Man, telah melihat “manfaat timbal balik” bagi kedua ekonomi.

Profil pulau ini telah “mengalami peningkatan” karena perjalanan tersebut, yang menyoroti bahwa kebutuhan beberapa warga negara Afrika Selatan yang “merasa tidak aman” mengenai stabilitas negara asal mereka dapat diatasi menggunakan layanan Manx.

Konsultan pengelolaan kekayaan tersebut, yang pindah hampir dua dekade yang lalu, mengatakan bahwa tetap “sangat sulit” jika tidak dekat dengan keluarga, tetapi keterbukaan komunitas Manx harus dipuji sebagai “hal yang tidak akan Anda temukan di tempat lain”.

MEMBACA  Menganggap Saham Palantir Technologies Mahal? Ini Saham Kecerdasan Buatan (AI) yang Lebih Murah untuk Dibeli Sebelum Harganya Melonjak

Usaha peternakan Suellen Daniel telah diperkuat oleh dukungan dari Departemen Usaha, yang memungkinkan pembelian polytunnel untuk menanam sayuran Afrika Selatan bernama gem squash.

Struktur baru tersebut direncanakan akan memberikan ruang untuk meningkatkan produksi pada musim tanam 2024 dari 1.000 menjadi 10.000.

Berasal dari Durban, Daniel mengatakan bahwa pemerintah Manx telah menjadi “kekuatan nyata” dalam membantu ekspansi Sulby River Farm, yang juga memelihara domba Loaghtan dan memproduksi madu.

Gem squash merupakan sayuran populer di Afrika Selatan.

Martin Whiteman yang lahir di Inggris, tinggal di Afrika Selatan selama beberapa dekade, pindah ke Isle of Man untuk lebih dekat dengan kerabatnya setelah peristiwa perampokan di rumah keluarganya.

Perancang sepatu tersebut mengatakan: “Afrika Selatan adalah negara yang sangat saya cintai… tetapi keamanan di pulau ini luar biasa”.

Whiteman mendirikan studio keramik pada tahun 2002 di Castletown dengan dukungan dari skema usaha kecil pemerintah.

Istrinya, June Whiteman, mengatakan bahwa itu telah menjadi penyelamat dan “menjadi terintegrasi ke dalam masyarakat Manx” telah memiliki “dampak yang besar bagi kami”.

Kelurga Whiteman pindah ke pulau tersebut 22 tahun yang lalu.

Whiteman, yang memimpin Chapter Isle of Man dari South African Chamber of Commerce, mengatakan bahwa ia percaya pemindahan penduduk kemungkinan akan meningkat lebih lanjut karena adanya peluang bisnis yang tersedia.

Pemerintah Manx memiliki beberapa skema yang “sangat murah hati” untuk membantu para pedagang mengembangkan usaha mereka dan “pesan seperti itu dapat ditransfer melalui jaringan”, katanya.

Mengapa tidak mengikuti BBC Isle of Man di Facebook dan X? Anda juga dapat mengirimkan ide cerita ke [email protected].