goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

Kepala Pendaftaran Kerusakan Akibat Agresi Rusia pada tanggal peluncuran pendaftaran dan pembayaran pertama

Markiian Kliuchkovskyi, Direktur Eksekutif Register Kerusakan yang Disebabkan oleh Agresi Federasi Rusia terhadap Ukraina, telah menjelaskan kapan register tersebut akan mulai beroperasi dan pembayaran masa depan untuk kerusakan yang ditimbulkan pada warga Ukraina akibat perang Rusia.

Sumber: Kliuchkovskyi dalam wawancara dengan European Pravda

Kliuchkovskyi mengatakan bahwa warga Ukraina, perusahaan Ukraina, dan negara Ukraina akan dapat mengajukan permohonan dan bukti untuk menerima pembayaran kerusakan materi dan non-materi sejak awal musim semi ini.

“Maret akhir atau awal April adalah waktu perkiraan ketika kami berharap siap untuk mulai menerima aplikasi,” kata Kliuchkovskyi.

Ia mencatat bahwa register sebagai organisasi internasional baru didirikan tujuh bulan yang lalu dan bahwa fakta bahwa mereka sudah meluncurkannya berarti mereka bergerak dengan “kecepatan kosmik ketiga”.

Kliuchkovskyi menekankan bahwa semua aplikasi harus diajukan secara eksklusif dalam format digital. Aplikasi ini kemudian akan menjadi subjek tinjauan substantif oleh Komisi Ganti Rugi, lembaga baru yang belum didirikan yang akan menentukan kompensasi yang harus dibayar oleh Rusia.

Tentang jangka waktu kapan kompensasi dapat diharapkan secara realistis, Kliuchkovskyi tidak berpikir itu dapat dicapai tahun ini.

“Kita akan beruntung jika itu terjadi tahun depan. Itu akan menjadi keberhasilan yang sangat besar. Ada banyak hal yang tidak diketahui dalam proses ini,” jelasnya, sambil menambahkan bahwa Ukraina adalah pelopor dalam menciptakan mekanisme kompensasi seperti ini, sehingga tidak bertanggung jawab untuk membuat prediksi.

“Tapi saya tahu bahwa dalam kurang dari dua tahun, kita telah menempuh perjalanan yang luar biasa dari sebuah ide yang pada awalnya tidak ada yang percaya… hingga saat ini.

Kami menerima keputusan dari Sidang Umum PBB; enam bulan kemudian, kami menerima keputusan untuk membuat register; dan sekarang kami mendekati awal kerja register ini. Dan ini sangat cepat,” kata Kliuchkovskyi.

MEMBACA  Memahami Defisit dan Surplus Perdagangan

Latar Belakang:

Perjanjian tentang Register Kerusakan yang Disebabkan oleh Agresi Federasi Rusia terhadap Ukraina diadopsi pada Mei 2023 di KTT Dewan Eropa di Islandia.

Pada bulan Juni, Markiian Kliuchkovskyi diangkat sebagai Direktur Eksekutif Register Kerusakan.

Dukung UP atau menjadi patron kami!